Perbaiki Manajemen Usaha, Pemkab Balangan Dorong 28 BUMDes Aktif

0

EKSISTENSI badan usaha milik desa (BUMDes) terus diperkuat. Pemkab Balangan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) menghelat sosialisasi manajemen BUMDes untuk penguatan bagi para pengelola di desa di Aula Kantor Bappeda Balangan, Paringin, Selasa (9/10/2018).

SAAT ini, di Kabupaten Balangan, terdapat 28 BUMDes telah berdiri dan memiliki modal usaha, hanya saja belum begitu aktif. Sedangkan, 31 BUMDes lainnya telah aktif menjalankan usahanya. Sesuai tujuannya, pendirian BUMDes ini harus mampu mengangkat derajat perekonomian desa lewat usaha yang digeluti.

Untuk itu, para pendamping dan kader pemberdayaan masyarakat desa (KPMD) terus didorong agar efektif mengelola BUMDes.

“Sosialisasi yang diberikan untuk mendorong lahirnya upaya inovatif, progresif dan meyakinkan kepada masyarakat atas manfaat keberadaan BUMDes bagi desa,” kata Kepala Dinas BPMPD Kabupaten Balangan, Urai Nur Iskandar, dalam sambutannya.

Ia berharap materi yang disampaikan dalam sosialisasi bisa bermanfaat bagi desa yang membentuk dan mengelola BUMDes. “Ke depan, BUMDes yang sudah ada ini bisa maksimal keberadaan sesuai dengan tujuan dibentuknya BUMDes itu sendiri di antaranya yakni, meningkatkan pendapatan asli desa sekaligus memberi dampak bagi kesejahteraan masyarakat desa itu sendiri,” paparnya.

Menurut Urai Iskandar, hingga kini, baru 31 BUMDes yang aktif dalam menjalankan usahanya. Sedangkan 28 BUMDes lainnya belum menjalankan usahanya. “Inilah yang mengapa kami dorong, agar keberadaan BUMDes ini terus berkembang dan maju,” bebernya.

Lewat sosialisasi ini, Urai menegaskan adalah bentuk perhatian pemeerintah dalam upaya pemberdayaan terhadap masyarakat. Sebab, kata dia, berbagai potensi yang ada di desa perlu adanya pengelolaan lebih permanen di masing- masing usahanya.

“Potensi desa sudah tersedia, sebagai tindak lanjutnya, perlu kita tingkatkan kapasitas aparaturnya. Ini demi memberdayakan masyakarat desa menuju peningkatan taraf hidup masyarakatnya. Salah satunya lewat keberadaan BUMDes ini,” pungkasnya.(jejakrekam)

 

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.