30 Kursi DPRD HST Diincar 284 Caleg, Garuda-PKPI Hanya Satu Dapil

PEREBUTAN 30 kursi yang tersedia di DPRD Hulu Sungai Tengah (HST) dipastikan akan berlangsung sengit dalam Pemilu 2019 mendatang. Ini setelah, dalam daftar calon tetap (DCT) yang ditetapkan KPU HST, tercatat sebanyak 284 akan mengadu nasib di pesta demokrasi lima tahunan itu.

ADA 16 parpol yang tercatat menjadi kontestan Pemilu 2019 di Kabupaten HST. Terbagi dalam empat daerah pemilihan (dapil), yakni dapil HST 1 mencakup Kecamatan Barabai, Batu Benawa dan Hantakan tersedia 10 kursi. Kemudian, dapil HST 2 (Haruyan, Labuan Amas Selatan) ada 6 kursi yang akan diperebutkan.

Sedangkan, dapil HST 3 (Pandawan, Labuan Amas Utara) memperebutkan 7 kursi, dan terakhir HST 4 (Batang Alai Timur, Batang Alai Selatan, Batang Alai Utara, dan Limpasu) disiapkan 7 kursi.

Komisioner  KPU HST, Johransyah mengakui berdasar DCT yang telah ditetapkan pihaknya, terdapat calon laki-laki sebanyak 163 orang dan 121 perempuan, dengan total 284 calon.

“Untuk keterwakilan perempuan dalam DCT calon anggota DPRD HST di Pemilu 2019 mencapai 41,61 persen,” ucap Johransyah saat dikontak jejakrekam.com, Senin (8/10/2018).

Komisioner yang akrab disapa Jojo mengungkapkan ada dua parpol debutan Pemilu 2019, yang justru hanya memasang calon unggulan di satu dapil. Yakni, Partai Garuda memilih tiga calegnya, terdiri dari satu laki-laki dan dua perempuan bertarung di dapil HST 3.  “Sedangkan, PKPI memfokuskan diri pada dapil HST 1. Seluruh calegnya perempuan,” kata Jojo.

Mantan Sekretaris PGRI Hulu Sungai Tengah ini mengungkapkan memasuki masa kampanye yang berlangsung sejak 23 September 2018 hingga 13 April 2019 mendatang, saat ini penyediaan alat peraga kampanye (APK) telah dikoordinasikan dengan parpol.

“Mengenai tempat pemasangan APK berada di seluruh wilayah Kabupaten HST, terkecuali yang dilarang peraturan perundang-undangan, termasuk PKPU dan Peraturan Bupati HST,” kata Jojo.

Belajar dari Pemilu 2014 lalu, Partai Golkar keluar sebagai jawara di HST. Partai beringin ini meraih delapan kursi, disusul Partai Gerindra berhasil mengutus lima wakilnya di DPRD HST. Di urutan ketiga diraih PPP dengan empat kursi, dan PKS dan Partai Bulan Bintang (PBB) masing-masing menyabet tiga kursi. Sisanya, PKPI dan PDI Perjuangan berbagi dua kursi, dan satu kursi masing-masing didapat Partai Hanura, PAN dan Partai Nasdem.(jejakrekam)

 

 

 

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi GS
Anda mungkin juga berminat
Loading...