Dukung Program BRT Kalsel, Kemenhub Pastikan Kirim 5 Unit Bus

0

PROGRAM penyediaan moda transportasi massal yang menghubungkan Banjarmasin-Banjarbaru-Martapura, terus digenjot. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan RI pun siap mengirim lima unit bus rapid transit (BRT) untuk menghubungkan tiga kota di Provinsi Kalimantan Selatan.

AWALNYA sesuai janji, Ditjen Hubdat Kemenhub RI menyediakan 15 unit BRT, namun terpangkas 10 unit, hingga dipastikan hanya ada lima unit yang dikirim ke Kalimantan Selatan.

Sekretaris Komisi III DPRD Kalsel, Riswandi mengungkapkan fakta itu usai menemui pejabat di Ditjen Hubdat Kemenhub RI di Jakarta, pekan tadi.

“Berdasar perhitungan rasional, sebetulnya dibutuhkan 15 unit bus untuk melayani jalur transportasi dari tiga kota yang ada di Kalsel. Untuk jarak Banjarmasin, Banjarbaru dan Martapura, sekitar 80 kilometer pulang pergi,” ujar Riswandi kepada wartawan di DPRD Kalsel, Banjarmasin, Jumat (5/10/2018).

Konsep BRT diakui Riswandi, merupakan sistem moda transportasi massal menggunakan bus besar yang cepat, nyaman, aman dan tepat waktu. Terutama, dari segi infrastruktur kendaraan dan jadwal.

“Pengadaan BRT menjadi salah satu solusi menjawab tantangan mobilitas masyarakat urban. Terutama, di kota-kota besar yang mengalami kemacetan lalu lintas yang parah,” papar politisi PKS ini.

Riswandi menegaskan keteribatan dalam menyediakan moda transportasi massal, bukan hanya wewenang pemerintah pusat, juga melibatkan pemprov dan pemkab dan pemkot di Kalsel.

“Aturan mainnya adalah pihak kementerian menyediakan armada bus. Kemudian, Pemprov Kalsel membangunkan halte, dan kabupaten dan kota mengalokasikan angaran untuk pembebasan lahan,” tuturnya.

Riswandi mengungkapkan taun depan, akan terealisasi penyediaan BRT dari pemerintah pusat secara bertahap untuk Kalsel. “Ini menjawab kebutuhan warga perkotaan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalsel Rusdiansyah saat dikontak jejakrekam.com, belum tersambung hingga berita ini ditayangkan.(jejakrekam)

 

Penulis Ipik Gandamana
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.