RSJ Sambang Lihum Lakukan Peningkatan Demi Pertahankan Tipe A

0

MEMPERTAHANKAN tipe A, RSJ Sambang Lihum melakukan berbagai upaya, seperti menambah kapasitas ruang perawatan hingga peningkatan sumber daya manusia.

DIRUT RSJ Sambang Lihum dr H IBG Dharma Putra mengatakan, upaya peningkatan agar tipe A yang disandang sejak 2015 tidak mengalami penurunan ke tipe B. “Apabila hingga 2020 tidak ada kemajuan, maka bisa diturunkan ke tipe B. Kami juga sedang menyekolahkan 2 orang untuk S2 spesialis,” katanya.

Diungkapkannya, RSJ Sambang Lihum satu-satunya di Kalsel, dimana jumlah pasiennya selalu mengalami penambahan.

Hingga kini, bebernya, kapasitas tempat tidur di RSJ Sambang Lihum hampir 300 unit, dengan pasien yang dilayani berasal dari seluruh kabupaten dan kota di Kalsel, bahkan ada dari provinsi tetangga.

Sejak 2015 Pemprov Kalsel membangun gedung rawat inap baru, yakni gedung intermediate , Kemudian, gedung pediatric intensive care unit (PICU) atau gaduh gelisah, serta gedung rawat inap narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (NAPZA).

Selain itu, dibangun pula laboratorium, dan penambahan alat kesehatan canggih, serta EMG myograth, drug testin, USG, dan EEG brain mapping with PSG. “Kendala yang kami alami saat ini adalah masih kurangnya tenaga perawat dan dokter spesialis,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.