Semangat Hari Kesaktian Pancasila Harus Terus Digelorakan

0

WAKIL Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra memimpin apel Hari Kesaktian Pancasila Tanggal 1 Oktober 2018 dihalaman kantor bupati, Senin (1/10/2018).  

SUGIANTO Panala Putra mengatakan pada saat itu bangsa Indonesia selamat dari malapetaka Gerakan 30 September. Selamatnya Bangsa Indonesia berkat usaha dan upaya manusia serta pertolongan dari Allah SWT.

“Pada saat itu telah terjadi pencuilikan dan pembunuhan terhadap 6 (enam) Jenderal terbaik Indonesia, 1 (satu) Kapten serta beberapa orang lainnya dibunuh oleh oknym-oknumn yang digambarkan pemerintah sebagai upaya kudeta. Namun gejokal yang timbul akibat G30S ini pada akhirnya dapat segera diredam oleh otoritas militer Indonesia,” kata Sugianto Panala Putra.

Sejarah tersebut katanya, merupakan perjalanan bangsa yang dapat dijadikan referensi bangsa untuk menatap masa depan, khususnya berhadapan dengan komunisme, kewaspadaan yang tinggi atas kebangkitan paham ini harus  digelorakan, terlebih dalam dunia pendidikan.

Hal ini harus terus ditanamkan, terutama kepada generasi muda  sekarang ini melalui upaya pendidikan yang terstruktur dan berkelanjutan. Untuk itu penguatan pendidikan agama, pendidikan Pancasila, pendidikan kewarganegaraan dan terutama pendidikan sejarah indonesia adalah media paling efektif untuk menumbuhkembangkan kesadaran bahaya ideologi komunisme saat ini dan mendatang.

Untuk itu kata dia,  harus terus menerus menumbuhkembangkan nilai-nilai Pancasila kepada semua generasi, terutama bagi generasi penerus bangsa Indonesia. Dalam kontek ini pendidikan merupakan sistem yang bisa melakukannya secara efektif, karena melalui sistem pendidikan, penggalian, penanaman, pengembangan dan pengamalan nilai Pancasila dapat dilakukan secara sistemik, sistematik dan secara masif.

Lebih lanjut Sugianto Panala Putra mengatakan, pendidikan sangat penting bagi masa depan, pendidikan jugga merupakan proses belajar untuk meningkatkan pengetahuan. Pendidikan bukan hanya proses mentransfer ilmu dari pendidik kepada peserta didik.

Lebih dari itu, pendidikan bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia dan mencetak generasi bangsa yang cerdas. Pendidikan juga memegang peranan penting didalam suatu kehidupan berbangsa dan bernegara karena disitulah cita-cita dan masa depan generasi penerus bangsa berasal.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.