ABAAH Antar Nur Afrida Rosvita Raih Penghargaan Nasional

0

MASYARAKAT bantaran sungai masih menjadikan sungai tempat untuk membuang sampah dengan alasan lebih praktis dan gratis, serta minimnya tempat membuang sampah di sekitar sungai. Akibatnya, angka kesakitan akibat air sungai yang tercemar sampah menjadi tinggi.

MELIHAT itu, Nur Afrida Rosvita SKM, seorang ASN tenaga kesehatan lingkungan dari Puskesmas Terminal, menggerakkan masyarakat untuk mengubah perilaku kecil menjadi perubahan besar, dengan Inovasi ABAAH (Aku Bangga Sungai Bebas Sampah), dengan penyediaan sampah terpilih, baik organik maupun nonorganik.

Inovasi ini didukung dan melibatkan lintas sektoral, seperti Pemkot Banjarmasin, Dinkes Kota Banjarmasin, Universitas Terbuka, Puskesmas Terminal, ketua RT, dan seluruh lapisan masyarakat, dalam upaya melakukan perubahan perilaku. Dukungan dan keterlibatan itu ditandai dengan penandatangan komitmen bersama lintas sektor dan masyarakat dalam menjalankan inovasi ABAAH.

Dengan inovasi ABAAH ini, membawa Nur Afrida Rosvita SKM mendapat berbagai penghargaan, diantaranya juara 3 Tenaga Kesehatan Teladan kategori Kesehatan Lingkungan Tingkat Kota Banjarmasin tahun 2017, juara pertama Tenaga Kesehatan Teladan kategori Kesehatan Lingkungan Tingkat Kota Banjarmasin tahun 2018, juara pertama Tenaga Kesehatan Teladan kategori Kesehatan Lingkungan Tingkat Provinsi Kalsel tahun 2018, serta Tenaga Kesehatan Teladan Nasional tahun 2018 kategori Kesehatan Lingkungan.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.