Gandeng Rescue 911 Banjarmasin, Karyawan BRI Diajar Gunakan Alat Pemadam Kebakaran

0

ANCAMAN kebakaran bisa terjadi kapan dan dimana saja. Kesigapan dan tetap tenang dalam menggunakan alat pemadam kebakaran menjadi kunci agar api tak kian menyala dan membawa bencana yang lebih besar lagi.

MENGGANDENG relawan Rescue 911 Banjarmasin bersama CV Utama Fire Equipment Banjarmasin, Kanwil Bank BRI Kalimantan Selatan menggelar pelatihan bagi karyawan dalam menggunakan alat pemadam kebakaran sederhana di halaman parkir kantor utama Bank BRI Kalsel, Jalan Achmad Yani Km 3,5 Banjarmasin, Kamis (27/9/2018).

Penggunaan beberapa alat pemadam kebakaran seperti APAR, karung dan lainnya diperagakan dalam simulasi kebakaran dipandu sang pelatih, Akihda Yoshida dari Tim Rescue 911 Banjarmasin.

“Simulasi bagaimana menggunakan APAR serta karung untuk memadam api, sangat berguna bagi karyawan bank ini. Sebab, musibah bisa terjadi di mana saja, bukan hanya di rumah, tapi juga kantor,” kata Akihda Yoshida kepada jejakrekam.com, Kamis (27/9/2018).

Ia mengungkapkan kebanyakan di perkantoran sudah tersedia APAR seperti tabung pemadam kebakaran serta karung, sangat berguna ketika tepat digunakan untuk memadamkan api. “Sayangnya, kebanyakan orang tak mengetahui bagaimana menggunakannya. Makanya, kami pun mengajarkan hal itu kepada karyawan dan karyawati Bank BRI,” kata Akihda Yoshida.

Nurul, salah satu karyawan Bank BRI pun mengaku baru pertama kali memegang tabung pemadam kebakaran. Ia mengaku sangat senang bisa mengetahui cara efektif memadamkan api. “Jadi, kami tak lagi waswas saat musibah kebakaran terjadi. Bahkan, hampir seluruh karyawan diajarkan menggunakan alat pemadam kebakaran ringan ini,” kata Nurul.

Tak hanya menggunakan tabung pemadam kebakaran, Nurul mengatakan ada beberapa perabot yang bisa digunakan saat ada api menyala. Seperti, handuk basah, pengganti karung basah dan lainnya.

“Perabot semacam ini memang tersedia baik di rumah maupun kantor. Jadi, bisa digunakan untuk memadamkan api. Semoga dengan simulasi ini, para karyawan bisa terlatih dalam memadamkan api saat kebakaran terjadi,” katanya.(jejakrekam)

 

Penulis Sirajuddin
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.