DPRD Kalsel Pantau Lokasi Puncak Peringatan HPS Tahun 2018

0

MEMASTIKAN kesiapan sarana dan infrastruktur, Kamis (27/9/2018), DPRD Kalsel pantau Desa Jejangkit Muara, Batola, yang akan menjadi lokasi puncak peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) XXXVIII Tahun 2018. Pelaksanaan HPS pada18-20 Oktober nanti.

KETUA Komisi III DPRD Kalsel H Supian HK mengatakan, HPS rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo, menteri Kabinet Kerja, duta besar negara-negara sahabat, dan perwakilan dari 33 provinsi di Indonesia.

“Kami harus melihat langsung ke lapangan untuk mengetahui progres pengerjaan infrastruktur yang ada,” ujarnya.

Tinjauan lapangan, bebernya, juga sebagai tindaklanjut dari alokasi Anggaran Biaya Tambahan (ABT) Perubahan yang disetujui oleh DPRD Kalsel, yang digunakan Pemprov Kalsel untuk pembangunan jalan dan helipad yang akan digunakan presiden dan tamu VVIP.

“Alokasi anggaran untuk jalan sepanjang 10 kilometer sebesar Rp 15 miliar yang digunakan untuk pelebaran, dan Rp 2 miliar untuk helipad,” katanya.

Terkait status jalan yang berada di dua kabupaten, yakni Banjar dan Barito Kuala, ia mengatakan, akan ada pengalihan kewenangan kepada pemerintah provinsi, sehingga perbaikan dapat dilaksanakan dengan cepat.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengungkapkan, persiapan di lokasi HPS terus dioptimalkan, salah satunya pembangunan venue untuk puncak acara dan pelebaran jalan.

Apalagi lahan tersebut merupakan lahan pertanian pasang surut dengan kondisi mayoritas rawa, yang harus disiapkan dengan baik sesuai dengan kaidah yang ada.

Setelah HPS, Ia berharap terus dimanfaatkan dengan baik, dan lahan-lahan pertanian digarap, sehingga daerah tersebut dapat berkembang sebagai salah satu daerah penghasil padi di Kalsel.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.