Disdukcapil HSU Jemput Bola Rekam Data Kependudukan KTP Elektronik

0

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Hulu Sungai Utara (HSU) jemput bola percepatan perekaman data KTP elektronik sekaligus sosialisasi pembuatan dokumen kependudukan di beberapa desa.

SEPERTI yang dilakukan Disdukcapil HSU di Desa Sapala, Kecamatan Paminggir. Menempuh jarak yang jauh dengan menggunakan mobil dan dilanjutkan perahu motor sekitar 1 jam dari dermaga Desa Danau Panggang.

Kepala Desa Sapala Ernani mengucapkan terimakasih atas kedatangan Disdukcapil HSU, di desanya meski letaknya jauh dari ibukota kabupaten.

“Kami merasa terbantu, dan tidak perlu jauh-jauh datang ke kecamatan atau ke ibukota kabupaten,” ujarnya.

Ia berharap warganya dapat memanfaatkan kedatangan Disdukcapil sebaik-baiknya, khususnya bagi warganya yang belum rekam data kependudukan.

Kabid Pendaftaran Kependudukan Disdukcapil HSU Hj Ida Rimalina mengatakan, Kegiatan ini merupakan percepatan pencapaian target nasional perekaman KTP elektronik di tempat-tempat seperti desa, yang banyak penduduknya belum rekam data kependudukan.

“Ada 40 desa dari 219 desa di HSU yang ditargetkan untuk pelayanan perekaman KTP elektronik dan lainnya,” ucapnya.

Ia menyatakan seluruh masyarakat wajib memiliki KTP. Selain sebagai identitas diri, KTP juga berguna untuk berbagai hal, seperti keperluan berobat, pembuatan buku tabungan, SIM, paspor, dan lainnya, serta sebagai salah satu syarat terdaftar sebagai pemilih dalam Pemilu 2019.

“Warga yang berusia 23 tahun, sampai akhir Desember 2018, diharapkan  secepatnya melakukan pembuatan KTP. Takutnya dilakukan pembekuan dan pemblokiran oleh Kemendagri RI,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Tim
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.