Desa Cabi Berinovasi dengan Timbangan Bayi Berbentuk Pesawat

POSYANDU di Desa Cabi, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Banjar, berinovasi dengan membuat timbangan bayi berbentuk pesawat.

KEPALA Desa Cabi Fahrul Hidayat mengatakan, timbangan berbentuk pesawat ini, terbuat dari rotan yang dihiasi kertas warna warni, yang bagian kiri dan kanannya dipasang ban bekas, yang gunanya untuk digantungkan di tali ayunan atau timbangan.

“Timbangan ini hanya bisa menampung satu balita saja. Didesain seperti ini, yang tadinya balita datang ke Posyandu ketakutan, sekarang malahan jadi rebutan,” katanya.

Dengan inovasi ini, bebernya, dampaknya sangat terasa. Beberapa bulan pengenalan timbangan ini, angka timbang bayi naik drastis, hingga 90 persen. Meningkatnya partisipasi warga ke Posyandu turut menekan angka balita dengan bobot di bawah garis merah atau tidak sehat.

“Timbangan ini menjadi kesenangan tersendiri bagi anak-anak. Mereka senang saat berada di Posyandu,” pungkas kades yang menyabet penghargaan inovasi penggunaan dana desa tahun 2017, dengan membuat sandal dan tempat tisu berbahan dasar enceng gondok, dan membuat perpustakaan desa yang dulunya merupakan tempat pembuangan sampah.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani
Anda mungkin juga berminat
Loading...