Sepakat Tak Sebar Hoax, Ikrar Kampanye Damai Kalsel Harus Ditaati

0

KESIAPAN untuk berkampanye dengan cara santun dan damai telah diikrarkan 16 pimpinan partai politik (parpol) dan 14 calon senator DPD RI di Pemilu 2019, yang berlaga di daerah pemilihan (dapil) Kalimantan Selatan.

KESEPAKATAN untuk tak menyebar hoax (berita bohong) dan ujaran kebencian, serta politisasi suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) telah diteken dalam sebuah ikrar bersama menyongsong masa kampanye sejak 23 September 2018 hingga 13 April 2019 nanti.

Ketua DPW Partai Berkarya Kalsel Eddy Suryadi mengapresiasi sikap bersama 16 pimpinan parpol bersama 14 calon DPD RI, berikut lembaga penyelenggara Pemilu 2019 untuk menggelar kampanye damai.

“Ini merupakan komitmen bersama, agar dalam masa kampanye di Kalsel tercipta suasana yang aman, damai dan kondusif,” kata Ketua BPD Gapensi Kalsel ini.

Caleg Partai Berkarya yang mengincar kursi DPRD Kalsel, Alhamdi pun berharap komitmen pimpinan parpol ini dijalankan seluruh jaringan kontestan Pemilu 2019 di Kalsel.

“Kita sepakat tak akan menyeber informasi hoax serta membuat isu SARA. Utamanya lagi, melaksanakan politik uang. Sebab, kita ingin Kalsel menjadi daerah yang aman dalam masa kampanye,” katanya, didampingi Rizali Lutfi yang merupakan koleganya sesama caleg Partai Berkarya.

Dukungan juga disuarakan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW Partai Nasdem Kalsel, Akhmad Rozanie Himawan. Dia mengajak agar semua elemen memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, khususnya konsituennya di dapil masing-masing.

Bagi anggota DPRD Banjar ini, sangat tepat jika kampanye damai itu diutamakan, karena kesejukan yang diinginkan semua pihak. Untuk itu, Rozanie mengimbau agar seluruh parpol benar-benar menjalankan komitmen yang telah ditandatangani di Siring Nol Kilometer Banjarmasin itu.(jejakrekam)

 

Penulis Afdi Achmad
Editor DidI GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.