Waspadai Lahan Tidur Penyebab Kebakaran Lahan di Banua

SALAH satu faktor penyebab terjadinya kebakaran lahan di Kabupaten Banjar adalah lahan tidur. Oleh karena itu, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor menghimbau agar lahan tidur dapat dimanfaatkan.

LAHAN tidur penyebab utama terjadinya kebakaran lahan di Kabupaten Banjar dan daerah lainnya di Kalsel,” kata Sahbirin Noor di sela panen padi perdana di Desa Sungai Batang Kabupaten Banjar, Kamis (13/9/2018).

Orang nomor satu di jajaran Pemprov Kalsel ini mengatakan lahan yang melakukan panen raya di Desa Sungai Batang dan digarap kelompok tani Alam Roh 8  sebelumnya adalah lahan tidur.  Namun, berkat adanya perbaikan saluran irigasi yang lebih baik, kini digarap dan berhasil panen,serta terhindar dari kebakaran lahan.

Alfamart 300×250

“Kalau lahan digarap ia akan mendatangkan hasil dan bisa dipanen. Kalau dibiarkan menjadi lahan tidur, akan menjadi lahan yang mudah terbakar. Inilah yang sering terjadi,” jelasnya.

Untuk itu, Paman Birin, sapaan akrab gubernur  meminta para petani untuk menggarap lahan tidur agar terus bisa mendatangkan manfaat. “Jangan biarkan jadi lahan tidur yang mudah terbakar dan menimbulkan kabut asap yang mengganggu kesehatan,” jelasnya.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Fahriza
Anda mungkin juga berminat
Loading...

Waspadai Lahan Tidur Penyebab Kebakaran Lahan di Banua