20 Tahun Tak Terpakai, Kini Lahan Tidur di Alam Roh Jadi Sawah Produktif

LAHAN tidur seluas 40 hektare yang selama ini belum termanfaatkan, kini menjadi areal pertanian produktif.  Buah kerja keras Kelompok Tani Alam Roh Sungai Batang pun kini menghasilkan butir-butir padi yang sudah siap panen.

HAMPARAN padi yang telah menguning, kini terus dipanen warga Desa Sungai Batang, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar. Menurut Kepala Desa Sungai Batang, Aspihani, lahan puluhan hektare telah berhasil dimanfaatkan yang semula merupakan lahan tidur.

“Lahan ini sudah sekitar 20 tahun tidak digarap para petani dan menjadi lahan tidur, hingga ditumbuhi semak belukar. Namun, setelah dilakukan perbaikan jalan dan irigasi sesuai arahan Pak Gubernur Kalsel (Sahbirin Noor), akhirnya bisa digarap lagi,” ucap pria yang akrab disapa Pambakal Aspi ini kepada wartawan, Selasa (11/9/2018).

Ia mengungkapkan semua ini tidak terlepas dari binaan langsung dari Paman Birin-sapaan akrab Gubernur Kalsel. Pambakal Aspi menceritakan ketika melihat lahan puluhan hektare teronggok tak terpakai, Paman Birin pun memerintahkan agar instansi terkait bersama warga Desa Sungai Batang segera membuka lahan itu dan dimanfaatkan menjadi areal persawahan produktif.

“Sekarang ini, kami sudah mulai panen. Insya Allah, pada hari Kamis (13/9/2018) lusa, Paman Birin akan panen raya di bekas lahan tidur ini,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi GS
Anda mungkin juga berminat
Loading...

20 Tahun Tak Terpakai, Kini Lahan Tidur di Alam Roh Jadi Sawah Produktif