Berhadiah Total Rp 63 Juta, Semarak Malam Tahun Baru Islam di Banjarmasin

SUASANA menyambut kedatangan malam pertama 1 Muharram 1440 Hijriyah di Banjarmasin, berlangsung meriah. Dikemas dalam Banjarmasin Nite Carnival yang diinisiasi  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin di Balai Kota, malam tahun baru Islam begitu semarak, Senin (10/9/2018).

MELALUI rute yang hanya seputaran Balai Kota Banjarmasin. Total hadiah yang diperebutkan sebesar Rp 63 juta. Terbagi dalam beberapa kategori juara. Banyak peserta yang mengikuti ta’ruf 1 Muharram, atau dikenal dengan malam satu syuro.

Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Banjarmasin, Ikhsan Alhaq mengatakan dengan kegiatan bertajuk Banjarmasin Nite Carnival, bisa memeriahkan malam tahun baru Islam, serta menjadi bagian dari rangkaian Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-492 tahun.

Menurut dia, momentum semacam terbilang langka. Apalagi, karnaval kali ini dilaksanakan pada malam hari dengan mempertontonkan hiburan bagi warga Banjarmasin di sepanjang rute yang dilewati.“Tentunya ini menjadi  tontonan menarik bagi warga kita,” katanya.

Sementara itu, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengucap syukur atas digelarnya even tersebut. Diakui Ibnu Sina, cukup ramai para pengunjungnya dibandingkan tahun sebelumnya.

Mantan Ketua DPW PKS Kalsel ini berharap kegiatan seperti ini bisa menjadi salah satu agenda pariwisata Kota Banjarmasin. “Bahkan, bisa menjadi satu kesatuan dengan rangkaian Hari Jadi Festival Kemilau Banjarmasin Bungas di sepanjang Sungai Martapura,” ucapnya.

Ibnu Sina mengungkapkan merupakan tradisi masyarakat Banjar dalam memasuki Tahun Baru Islam melalui karnaval ataupun pawai. Untuk itu, mantan anggota DPRD Kalsel ini mengimbau kepada seluruh warga kota turut menyukseskan pembangunan di ibukota provinsi, yang tengah memasuki usia 492 tahun.

“Mudah-mudahan menjadi kota aman, nyaman dan tentu partisipasi seluruh warga untuk bisa menyukseskan program pemerintah kota,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Didi GS
Anda mungkin juga berminat
Loading...