Tim Sukses Jokowi-Ma’ruf Dibentuk, Tokoh-Tokoh Kalsel Turut Tergabung

KOMPOSISI Tim Kampanye Provinsi Kalimantan Selatan untuk pemenangan Capres-Cawapres RI, Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin telah terbentuk.  Para pihak yang terlibat pun didominasi tokoh-tokoh parpol pengusung calon petahana berduet dengan Rais A’am Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

DALAM salinan surat yang beredar di WA group, ditunjuk sebagai ketua tim kampanye adalah Ghimoyo dan didampingi sekretaris, Dr H Syaifuddin yang merupakan staf ahli bidang hukum Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

Sedangkan di posisi wakil ketua dipegang masing-masing wakil dari parpol pengusung, seperti H Supian HK (Ketua Harian DPD Partai Golkar Kalsel),  Mardani H Maming (Ketua DPD PDIP Kalsel),  HM Aditya Mufti Ariffin (Ketua DPW PPP Kalsel), H Zairullah Azhar (Ketua DPW PKB Kalsel), H Guntur Prawira (Ketua DPW Partai Nasdem Kalsel), HA Munasib Halike (Ketua DPD Partai Hanura Kalsel) dan Ahmad Zaki (Sekretaris DPP PKPI Kalsel), serta Yogi Adhiatma (Ketua DPW PSI Kalsel).

Menariknya, di susunan penasihat, terdapat tokoh-tokoh Banua seperti Rudy Ariffin (mantan Gubernur Kalsel), H Gusti Rusdi Effendie (tokoh pers dan Golkar), mantan Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof Kustan  Basrie, mantan Bupati Tabalong  Noor Aidi,  mantan Ketua KPU RI Prof  Dr HA Hafiz Anshari, Taufik Effendie (pengusaha), Wakil Ketua DPRD Kalsel Hamsyuri,  Murhan Effendie (mantan Sekretaris Partai Golkar Kalsel), hingga anggota DPRD Kalsel dari PPP, KH Abdul Syukur Alhamidy.

Begitupula di posisi wakil sekretaris, terdapat nama Adi Kartika (Golkar), Syafruddin H Maming (PDIP),  Asbullah (PPP), dan Pribadi Heru Jaya (PKB). Sebagai bendahara umum tim kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin, ditunjuk H Basuni dibantu Ismail Hidayat (PPP), HM Rian Jaya (PDIP) dan Hj Syarifah Rugayah (Golkar) di posisi wakil bendahara.

Sedangkan, di bidang-bidang perencanaan dan kampanye dikoordinir oleh Puar Junaidi (anggota DPRD Kalsel dari Golkar) dan didominasi para anggota DPRD Kalsel lintas fraksi, seperti Imam Suprastowo (PDIP), Suripno Sumas (PKB), dan lainnya.

Kemudian, HM Rosehan Noor Bachri, mantan Wagub Kalsel yang kini Ketua Bappilu PDIP Kalsel ditunjuk sebagai Koordinator Data dan Operator Tim Kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin Kalsel.  Sedangkan, Koordinator Perlengkapan dan Logistik dipegang Muhaimin dari PDIP.

Untuk bidang pencitraan, media, informasi dan komunikasi ditunjuk Anang Rosadi Adenansi, dibantu Misri Syarkawi, eks wartawan yang juga anggota DPRD Kalsel. Termasuk, sejumlah wartawan yang kini menggeluti dunia politik seperti Khairil Anwar, Amranuddin Hamsyah, dan Hj Lili Irianti Mala.

Menariknya, dosen STIH Sultan Adam yang juga anggota DPRD Kalsel Dr H Karlie Hanafi Kalianda ditunjuk sebagai Koordinator Advokasi Hukum Tim Kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin Kalsel, dibantu sejumlah pengacara atau advokat.  Mantan Ketua DPRD Kalsel Nasib Alamsyah pun ditunjuk sebagai Koordinator Keamanan dan Pengamanan Suara. Khusus untuk Posko dan Kesekretariatan ditunjuk HM Bayu Budjang.

Adanya pembentukan Tim Kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin di Kalsel tak ditepis Sekretaris DPP PKPI Kalsel, Ahmad Zaki. Menurut dia, sesuai kesepakatan awal, komposisi tim kampanye dibagi sesuai porsi parpol pengusung, meskipun di Kalsel akan lebih didominasi unsur-unsur dari Partai Golkar, selalu parpol terbesar di Banua.

“Berdasar hasil kesepakatan sebelumnya, pembentuk tim kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin di Kalsel diserahkan langsung kepada Paman Birin (Gubernur Kalsel Sahbirin Noor).  Sebagai Ketua DPD Partai Golkar Kalsel, Paman Birin yang paling berhak menentukan siapa saja berada di tim kampanye,” kata Ahmad Zaki saat dikontak jejakrekam.com, Minggu (9/9/2018).

Ia mengakui muncul nama-nama tokoh termasuk dalam lingkaran Paman Birin, merupakan kewenangan Partai Golkar sebagai parpol yang memiliki kursi terbanyak di antara parpol pengusung yang ada di Kalsel.

“Saya sudah mendapat salinan SK beredar di medsos itu. Hanya saja, saya belum tahu, kapan rapat koordinasi menindaklanjuti hal ini,” kata Zaki yang berada di posisi Wakil Ketua Tim Kampenye Jokowi-Ma’ruf Amin Kalsel di Pilpres 2019 ini.(jejakrekam)

Penulis Didi GS/Asyikin
Editor Didi G Sanusi
Anda mungkin juga berminat
Loading...