Lahan Terbakar di Cindai Alus, PMI Banjar Turunkan Regu Pemadam

0

PALANG Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banjar memberikan bantuan pemadaman pada kebakaran lahan di Cindai Alus, Martapura, Selasa (4/9/2018). Bantuan pemadaman juga datang dari Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Polres Banjar, sehingga dengan cepat berhasil dipadamkan.

KEBAKARAN lahan terus terjadi di wilayah Kabupaten Banjar, bahkan sore tadi kebakaran terjadi di Cindai Alus, Martapura. Pada kebakaran ini PMI Kabupaten Banjar turunkan regu bantu pemadaman.

Panas yang terik dan kemarau panjang memicu mudahnya terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Hal ini juga terjadi sebagian besar wilayah di Kabupaten Banjar seperti yang terjadi sore tadi di Desa Cindai Alus,  Kecamatan Martapura.

Kebakaran lahan yang terjadi di Desa Cindai Alus ini sempat membuat warga desa cemas. Dikhawatirkan, sampai ke perumahan warga. Beruntungnya, pada kebakaran ini bantuan untuk pemadaman cepat datang, yakni dari Polres Banjar dan PMI Kabupaten Banjar.

Kepala PMI Kabupaten Banjar H Sunarto mengatakan, begitu mendengar ada informasi kebakaran di Cindai Alus, maka ia perintahkan anggota PMI untuk membantu. Mereka langsung bergerak menuju titik api dan bekerjasama dengan Polres Banjar memadamkannya.

Menurut Sunarto, informasi terjadinya kebakaran lahan ini disampaikan oleh BPBD Banjar dan pihaknya lebih awal tiba di lokasi. Selanjunya datang lagi bantuan pemadaman dari BPBD dan Polres Banjar. “Kami bawa tandon air sendiri di mobil bak terbuka, sebab musim kemarau air susah didapat,”jelasnya.

Mantan Kepala BPBD  Banjar ini mengatakan dalam kejadian kebakaran lahan ini beruntungnya api berhasil dikendalikan dan berhasil dipadamkan. Karena, itu tidak sempat menjalar jauh ke perumahan warga.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.