BLF Buka Konsultasi Hukum Gratis, Banyak Kasus yang Diadukan Warga Banjarmasin

1

WARGA Banjarmasin tampak mengerubungi sebuah meja di depan Menara Pandang, Siring Tendean, Minggu (2/9/2018). Mereka mengisi formulir yang disediakan petugas dari kantor hukum, Borneo Law Firm (BLF). Ternyata, banyak pula warga yang masih dirundung masalah hukum dan butuh bantuan untuk menyelesaikannya.

PEMANDANGAN berbeda ini makin terlihat. Ketika para advokat muda dan mahasiswa Fakultas Hukum dari berbagai kampus, magang di kantor BLF. Setiap warga yang datang, kemudian diberi masukan prosedur hukum dan tata cara penyelesainnya dari para pengacara muda ini.

Presiden Direktur BLF Muhammad Pazri menuturkan konsultasi hukum ini memberikan jam terbang bagi mahasiswa hukum yang magang di kantor BLF. Mereka bisa untuk memberikan pandangan hukum dari warga pengunjung Siring Menara Pandang.

“Sesuai dengan amanat UU Advokat yang menyebutkan advokat adalah pelayan bagi masyarakat. Ada istilah pro deo yaitu advokat memberikan bantuan hukum bagi orang yang tidak mampu” ucap Pazri kepada wartawan.

Mantan Presiden Senat Mahasiswa ULM ini menjelaskan pihaknya dengan tangan terbuka bagi masyarakat yang tidak mampu guna mendapatkan pencerahan hukum, mulai dari konsultasi hukum hingga bersidang di pengadilan.

“Kami juga ingin turut memeriahkan rangkaian Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-492 tahun. Makanya, pengelola Menara Pandang membuka tangan dan merestui kami untuk membuka konsultasi hukum gratis,” ucap Pazri.

Dengan membuka ‘lapak’ konsultasi hukum, diakui Pazri, ada beberapa pengunjung yang ingin melanjutkan pembahasan hukum di Kantor Borneo Law Firm dengan membawa berkas-berkas yang dibutuhkan.

Sementara itu, Kharis, staf BLF mengatakan pengunjung yang berkonsultasi dengan masalah yang bervariatif mulai dari masalah rumah tangga, pertanahan hingga pidana penganiyaan.

“Sebagain besar berkonsultasi masalah pertanahan. Ini memasuki tahun ketiga mendayagunakan mahasiswa magang untuk memberikan konsultasi hukum” ucap Kharis.

Dia menuturkan walaupun masih berstatus mahasiswa magang, justru mereka seperti mempunyai jam terbang yang tinggi. Terbukti, mampu menerangkan dengan baik kepada klien dan kemampuan interaksi dengan baik. (jejakrekam)

 

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi GS
1 Komentar
  1. Yanti berkata

    Ada kah masih konsul gratisnya

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.