Diikuti 7.000 Pesepeda, Sepeda Nusantara Seribu Sungai di Banjarmasin Semua Membaur

AJANG Sepeda Nusantara Seribu Sungai resmi digelar. Pembukaan even olahraga rakyat ini melibatkan sekitar 7.000 pesepeda itu dilakukan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina bersama Staf Khusus Kemenpora, Tommy Kurniawan.

SEMUA kalangan membaur, tak memandang umur, baik dari anak-anak, orangtua, bahkan difabel turut antusias oleh gerakan yang dipelopori Kemenpora di bawah kepemimpinan Menpora Imam Nahrawi.

Sepeda Nusantara ini merupakan program Kemenpora yang sebelumnya bernama Pesona Gowes Nusantara. Start acara ini dilakukan di depan Balai Kota Banjarmasin, Sabtu (1/9/2018).

Berawal dari Balai Kota Banjarmasin, rute yang diambil bervariasi, untuk anak-anak berjarak 5 kilometer, dewasa 25 kilometer dan difabel dengan rute 3 kilometer. Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengungkapkan, dihelatnya Sepeda Nusantara ini merupakan bagian dari perayaan Asian Games ke-18 dan Hari Jadi Kota Banjarmasin yang ke-492 tahun.

Ibnu Sina mengatakan, antusias warga Banjarmasin untuk berpartisipasi lebih dari 7.000 peserta ini sangat luar biasa. “Difabel juga turut berpartisipasi. Tentunya kita hargai itu,” ucapnya.

Mantan anggota DPRD Kalsel ini berharap spirit berolahraga tidak hanya dilakukan pada saat even tertentu saja. Melainkan, menurut dia, harus menjadi kebiasaan dan budaya bagi seluruh warga Banjarmasin. “Mohon doanya,” katanya.

Sementara itu,  Staf Khusus Kemenpora RI Tommy Kurniawan mengucapkan terimakasih kepada Walikota Banjarmasin Ibnu Sina beserta jajarannya. Karena telah melaksanakan Sepeda Nusantara Seribu Sungai dengan lancar dan ramah terhadap seluruh peserta dengan adanya anak-anak, orangtua dan difabel. “Antusiasnya sangat luar biasa. Terimakasih karena menyebarkan virus olahraga kepada masyarakat,” ucapnya.

Aktor sinetron ini mengatakan, tentunya Indonesia sedang bereuforia dengan keberhasilan sepanjang sejarah di Asian Games. “Artinya jangan sampai terhenti di Asian Games, tetapi juga ada even lainnya untuk terus menyebarkan virus olahraga terhadap masyarakat,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Didi GS
Anda mungkin juga berminat
Loading...