Komisi I DPR Minta TNI Cegah Potensi Konflik Pecah Belah di Pemilu 2019

0

STATUS tuan rumah Hari Pangan Sedunia (HPS) 2018 berpusat di Desa Jejangkit Muara, Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala pada 26 Oktober 2018 nanti jadi topik yang dibahas jajaran Kodam VI/Mulawarman dan kesatuan TNI lainnya, saat bertemu dengan rombongan Komisi I DPR RI di Makorem 101/Antasari di Banjarmasin, Kamis (30/8/2018).

PANGDAM VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto didampingi Danrem 101/Antasari Kolonel Inf Yudianto Putrajaya bersama jajarannya menyambut kedatangan rombongan komisi pertahanan dan luar negeri ini di Banjarmasin.

Ketua rombongan Komisi I DPR RI, Asril Hamzah Tanjung didampingi Arvin Hakim Toha, Taufiqurahman, Syaifullah Tamliha, Hj KartikaYudisti, Rachel Maryam Sayidina serta Budi Lastri juga menyorot soal persiapan HPS sebagai bagian dari program ketahanan nasional.

Pangdam Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto berharap agar Komisi I DPR RI bisa mendapat data dan informasi baik melalui paparan maupun peninjauan langsung di lapangan. “Pembukaan lahan di Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala merupakan bagian dari pembangunan pertahanan negara yang kuat untuk masa depan,” kata jenderal bintang dua ini.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi I DPR RI Asril Hamzah Tanjung memuji kinerja jajaran Kodam VI/Mulawarman, khususnya lagi Korem 101/Antasari dalam menggenjot program pembukaan lahan pertanian baru dari lahan tidur yang ada.

“Namun, kami belum melihat langsung di lapangan. Kalau masih ada kekurangan, tentu sangat wajar,” kata politisi Gerindra ini.

Asril Hamzah Tanjung juga mengatakan selama ini pelaksanaan program TMMD di Kalsel, tergolong berhasil dan bermanfaat bagi masyarakat. “Ini artinya TNI benar-benar bisa menyatu dengan rakyat. Sebab, rakyat adalah ibu kandung dari TNI,” tegas wakil rakyat asal DKI Jakarta ini.

Menurut Asril, sangat wajar ketika pemerintah pusat mempercayakan HPS digelar di Kalimantan Selatan, karena selama ini jajaran Korem 101/Antasari terus mendorong penguatan ketahanan pangan lewat membuka sawah-sawah baru di daerah ini. “Kegiatan ini sangat bagus dilaksanakan TNI untuk berbakti kepada bangsa dan negara,” cetusnya.

Terlebih lagi, diungkapkan Asril Hamzah, dalam pelaksanaan HPS pada 26 Oktober 2018, tak hanya para petani dari Indonesia yang hadir, para petani mancanegara akan berkumpul di Kalimantan Selatan.

“Ini merupakan kehormatan sekaligus tanggungjawab bagi jajaran Kodam VI/Mulawarman, khususnya lagi Korem 101/Antasari,” tegas Asril.

Jelang Pilpres dan Pemilu 2019, politisi Partai Gerindra ini berharap jajaran Kodam VI/Mulawarman dan Korem 101/Antasari  bisa mencegah sedini mungkin potensi yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. “Jangan hanya gara-gara pileg dan pilpres kita pecah belah,” tandasnya.(jejakrekam)

 

Penulis Asyikin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.