Kalsel Tuan Rumah Rakornas Komisi Informasi

0

KALSEL menjadi tuan rumah tingkat nasional Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Komisi Informasi yang digelar hingga 27-30 Agustus 2018.

DALAM jamuan makan malam bagi peserta Rakornas Komisi Informasi, Sekdaprov Kalsel H Abdul Haris Makkie berharap Komisi Informasi semakin meningkatkan perannya dalam pelaksanaan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2014 tentang Keterbukaan Informasi Publik. “Sehingga seluruh elemen pemerintah dan masyarakat memahami tentang undang-undang ini,” katanya.

Ketua Komisi Informasi Daerah (KPID) Kalsel Syamsul Rani mengungkapkan, pembukaan Rakornas Komisi Informasi akan dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara.

Ia berharap, Komisi Informasi bisa berdiri sendiri, lepas dari dinas informasi dan komunikasi. “Selama ini, Komisi Informasi salah satu bidang di dinas informasi. Misalnya saya eselon II kalau mau berpergian keluar daerah harus lapor dulu dengan kepala bidang, sementara kabid eselon III. Jadinya eselon II lapor ke eselon III. Ini janggal. Makanya, saat pembicara Rakornas Sekjen Depdagri, kami meminta jalan keluarnya,” tuturnya.

Dalam Rakornas, bebernya, juga membahas jika ada sengketa Informasi. “Kalau ada sengketa, diselesaikan di Komisi Informasi, sementara ini dananya Komisi Informasi dari APBD. Kami berharap anggarannya dari APBN, jadi kalau di daerah ada sengketa, kita aman dan tidak ada beban,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.