Ringankan Beban Korban Gempa di Lombok, Kalsel Bakal Sumbang Rp 1 Miliar

0

GUNA meringankan beban dari para korban bencana gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat,  Pemprov Kalsel mengusulkan sumbangan sebesar Rp 1 miliar.

HAL tersebut disampaikan Sekdaprov Kalsel, Haris Makie saat rapat  Paripurna Anggaran dan Pendapatan dan Belanja Perubahan (APBD-P) Kalsel 2018, Senin (27/8/2018).

Ia mengatakan, belanja bantuan keuangan provinsi pada kabupaten kota, dan desa dianggarakan sebesar Rp 3 miliar rupiah. Termasuk di dalamnya bagi partai politik yang duduk di DPRD serta bantuan bencana di Lombok.

“Untuk bantuan gempa di Lombok sebesar Rp 1 miliar tersebut sudah termasuk bantuan logistik dan kebutuhan pokok.  Namun realisasi bantuan masih menunggu kesepakatan dan keputusan DPRD Kalsel,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan  Daerah (Bakueda) Kalsel, Aminuddin Latif mengatakan, bantuan tersebut adalah perintah dari Kementerian Dalam Negeri dengan dasar  sesuai kemampuan daerah masing – masing. “Jadi ada surat dari Kemendagri, untuk mengunakan dana tak terduga,” Kata Aminuddin.

Sedang usulan bantuan tersebut, kata dia kini sudah masuk ke meja wakil rakyat dan menunggu hasil ketok palu DPRD Kalsel. “Makanya kita masukan dalam anggaran perubahan supaya cepat. “Jika bantuan itu disetujui, kemungkinan akan di serahkan pada bulan September,” sebut Amin.

Hal senada disampaikan anggota Banggar DPRD Kalsel, HM Lutfi Syaifuddin. Dirinya sangat mendukung usulan hal tersebut apalagi ini terkait dengan masalah kemanusiaan.”Itu sangat penting dilakukan dan saya sangat setuju itu,” jelasnya.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.