Heri Susanto Jabat Ketua PT Pekanbaru, PN Banjarmasin Kini Diketuai Sutarjo

HAMPIR setahun empat bulan lebih memimpin Pengadilan Negeri Kelas IA Banjarmasin, Heri Susanto akhirnya mendapat promosi untuk menduduki jabatan Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Pekanbaru, Provinsi Riau. Terhitung sejak dilantik pada Selasa (18/4/2017), Heri Susanto harus meninggalkan Banjarmasin demi mengemban tugas baru.

PISAH sambut Ketua PN Banjarmasin ini digelar secara sederhana, yang dihadiri para hakim, panitera dan staf pengadilan serta tamu undangan di aula pengadilan, Jalan DI Panjaitan, Banjarmasin, Jumat (24/8/2018).

Sebagai pengganti Heri Susanto adalah Sutarjo yang sebelumnya Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pontianak, Kalimantan Barat. Sebelumnya, Sutarjo telah dilantik dan diambil sumpah jabatan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin, Yohanes Binti.

Selain Heri Susanto, Wakil Ketua PN Banjarmasin Sihar Hamonangan Purba juga dimutasi untuk menempati posisi Wakil Ketua PN Badung, Provinsi Bali. Begitupula, para hakim lainnya seperti Sutiyono dipromosikan menjabat Ketua PN Martapura dan Hj Nurul Hidayah berkiprah sebagai hakim di Pengadilan Negeri Pekanbaru, Riau.

Dalam sambutannya, Heri Susanto mengakui tak terasa telah bertugas di ibukota Provinsi Kalimantan Selatan selama setahun empat bulan. “Sebagai Ketua PN Banjarmasin, saya akui banyak perkara yang ditangani di pengadilan adalah tindak pidana narkoba. Ini menjadi keprihatinan kita bersama,” ucap Heri Susanto. Mantan Ketua PN Manado ini juga bersyukur selama kepemipinannya, status PN Banjarmasin juga naik kelas menjadi pengadilan negeri klas IA.

Sementara itu, Humas PN Banjarmasin Afandi Widarijanto mengatakan para hakim apakah jabatan ketua, wakil ketua atau hakim sudah bisa bertugas atau dimutasi ke daerah lain. “Ini menjadi rangkaian dalam proses penyegaran di tubuh pengadilan, sehingga ketika dimutasi menjadi hal yang lumrah,” kata Afandi Widarijanto.(jejakrekam)

 

Penulis Sirajuddin
Editor Fahriza