Ribuan Kantong Daging Kurban Dibagikan Tiga Masjid di Banjarmasin

0

TIGA masjid di Banjarmasin, yakni Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Masjid Al Jihad, dan Masjid Hasanuddin Madjedi, menyembelih ratusan hewan kurban pada Idul Adha 1439 H ini.

KETUA Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin H Darul Qutni mengatakan, satu hari sebelum Idul Adha 1439 H, terkumpul 12 sapi dan 7 kambing.

“Hewan kurban berasal dari masyarakat, termasuk dari Gubernur Kalsel dan Kapolda Kalsel,” katanya.

Terpisah, panitia kurban Masjid Al Jihad Azhar mengatakan, jumlah hewan kurban sebanyak 84 sapi, dimana satu sapi berasal dari Gubernur Kalsel. “Kami membatasi jumlah hewan kurban, karena panitia ingin memberikan pelayanan maksimal saat pemotongan hingga pembagian daging kurban kepada masyarakat,” katanya.

Pihaknya menerjunkan dua dokter hewan untuk melakukan pengawasan terhadap kesehatan hewan kurban, dari kandang pemeliharaan hingga ke tempat pemotongan.

“Sapi yang terindikasi cacat akan dikembalikan ke pedagangnya. Hewan yang dipotong harus benar-benar terjamin kesehatannya, termasuk berat badannya, demi menjaga kualitas daging kurban,” katanya.

Untuk proses pemotongan, panitia menyiapkan dua mesin pemotongan yang dirancang sendiri oleh jamaah Masjid Al Jihad Banjarmasin.

Sementara, di Masjid Hasanuddin Madjedi Banjarmasin, ada 40 sapi. “Hewan kurban berasal dari jamaah dan masyarakat,” kata ketua panitia ibadah kurban Masjid Hasanuddin Madjedi H Ifansyah.

Pihaknya membatasi jumlah hewan kurban, guna menyeimbangkannya dengan jumlah petugas, dari proses pemotongan hingga pembagian daging kurban kepada masyarakat. Kupon daging kurban yang dibagikan sebanyak 4.287 lembar.(jejakrekam)

Penulis Muji Setiawan
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.