Jutaan Jamaah Haji Padati Padang Arafah, Wakil Walikota Hermansyah Mohon Doa

PUNCAK ibadah haji adalah wukuf di Arafah. Pemerintah Arab Saudi menetapkan Ahad, 12 Agustus 2018 merupakan hari pertama bulan Zulhijjah 1439 Hijriyah. Untuk itu, rukun haji terbesar yakni ibadah wukuf jatuh pada Senin, 9 Zulhijjah 1439 Hijriyah atau bertepatan dengan 20 Agustus 2018, dan Idul Adha ditetapkan pada Selasa (21/8/2018).

MENYONGSONG wukuf di Arafah, jutaan jamaah haji dari belahan dunia pun memenuhi padang luas yang berada di sebelah timur luar Kota Makkah, Arab Saudi, Minggu (19/8/2018). Wukuf merupakan ritual haji paling utama, menyangkut sah atau tidaknya seorang memperoleh titel haji. Ibadah wukuf diisi dengan berdiam diam dan berdoa kepada Allah SWT.

Untungnya di padang gersang ini telah ditumbuhi pepohonan yang dinamakan pohon Soekarno oleh pemerintah Arab Saudi. Mereka pun menjalankan ibadah wukuf di Arafah sebagai puncak penyempurnaan haji. Sebagaimana riwayat shahih, di Arafah, Rasulullah SAW menyampaikan khutbab wada’ atau perpisahan. Tak lama setelah itu, Rasulullah pun wafat.

Berkumpulnya jutaan jamaah haji dari segala penjuru dunia diungkapkan pemantau haji Indonesia 2018, HM Tambrin  kepada jejakrekam.com, Minggu (20/8/2018) malam, atau Ahad siang waktu Arab Saudi.

“Alhamdulillah, saat ini sudah kondisi jamaah haji asal Indonesia sehat dan kondisi siap untuk melaksanakan wukuf di Arafah,,” kata HM Tambrin.

Sekretaris Itjen Kemenag ini mengungkapkan kondisi di padang Arafah dalam panas, namun dipayungi awan mendung. Ia menceritakan para jamaah pun memanfaatkan pohon-pohon Soekarno untuk menjadi tempat berteduh dan nyaman bagi jamaah mancanegara. “Jutaan jamaah sudah siap melaksanakan wukuf di Arafah sebagai puncak dari ibadah haji,” ucap mantan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel ini.

Kabar serupa juga diungkapkan Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah. Dengan mengenakan pakaian ihram, Hermansyah mengatakan seluruh jamaah haji khususnya asal Banjarmasin sudah siap untuk melaksanakan wukuf di Arafah. “Mereka seluruhnya telah berkumpul di padang Arafah untuk melaksanakan wukuf besok hari,” kata mantan anggota DPRD Kalsel ini melalui chatting WA, Minggu (19/8/2018) malam.

Politisi PDI Perjuangan ini memohon doa seluruh umat Islam, khususnya di Kalimantan Selatan dan Banjarmasin agar para jamaah bisa melaksanakan wukuf di Arafah dalam penyempurnaan ibadah haji, guna mendapat haji yang mabrur.(jejakrekam)

 

Penulis Didi GS
Editor Didi GS
Anda mungkin juga berminat
Loading...