Melly Goeslaw dan ACT Kalsel Gelar Konser Amal Peduli Palestina, Suriah, dan Lombok

PENYANYI kawakan Melly Goeslaw menyapa penggemar setianya di Ball Room Hotel Royal Jelita, Sabtu (18/8/2018).

KONSER digelar lembaga kemanusiaan global Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalsel dan Qupro Indonesia, event organizer asal Depok, yang telah sering memfasilitasi setiap lembaga, perusahaan, atau komunitas yang mengadakan konser amal untuk kemanusiaan.

Penonton larut dalam alunan syahdu Melly Goeslaw, yang membawakan beberapa tembang hitsnya, seperti Ada Apa dengan Cinta, Ayat-Ayat Cinta, Bunda, dan lainnya.

Melly Goeslaw bersama panitia mengumpulkan sumbangan dari penonton. Bukan hanya uang tunai, namun juga dalam bentuk lain seperti perhiasan. Sumbangan dari berbagai kalangan, seperti Ketua TP PKK Banjarmasin, Kantor Firma Hukum Borneo Law Firm, LP2DH ULM, sekolah, yayasan, hingga perorangan. Total uang yang terkumpul lebih dari Rp 444 juta, belum termasuk yang berbentuk barang.

Melly Goeslaw merasa beruntung bisa menyapa dan menghibur warga dan penggemarnya di Banjarmasin. Bukan hanya itu, ia bersama mayarakat turut mewakafkan hartanya untuk membantu sesama yang kurang beruntung, yang ada di Palestina, Suriah, serta korban gempa Nusa Tenggara Barat.

Melly menuturkan, selama bertahun-tahun mengikuti acara penggalangan dana kemanusiaan mendapatkan pengalaman berharga. Pernah ada penjual bakso menyumbangkan gerobak baksonya, nenek yang merelakan tabungan umroh untuk disumbangkan ke yang membutuhkan, hingga siswa SD urunan uang tabungan yang juga turut menyumbang.

“Kita hidup, beribadah dengan nyaman dan tenang tanpa gangguan apapun, sementara itu ada saudara kita yang hidup dibawah dentingan peluru seperti di Palestina dan Suriah atau di atas reruntuhan bangunan akibat gempa dahsyat di NTB,” ucap istri Anto Hoed ini.

Ia menjelaskan, kegiatan ini bukan bermaksud untuk ria, namun sebagai bentuk motivasi kepada masyarakat yang beruntung untuk melakukan hal yang serupa.

Branch Manager Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Selatan Arie Setiawan menuturkan, pihaknya langsung terjun ke lapangan ketika musibah terjadi di Nusa Tenggara Barat. Pada tahun lalu, pihaknya juga mengirimkan dua ribu ton beras ke Somalia.

“Pada Januari lalu, kami kirimkan bantuan seribu ton beras bagi pengungsi Rohingya. ACT secara kolektif merencanakan bantuan ke NTB, setidaknya 1.200 ton bantuan pangan. Untuk ACT Kalsel, pengiriman bantuan difasilitasi oleh JNE, yang gratis ongkos kirim,” tuturnya.

Ia menuturkan bagi masyarakat yang ingin membantu silakan langsung datang ke kantor ACT Kalimantan Selatan di Jalan Ahmad Yani KM 5.5, seberang Lima Cahaya Departemen Store.

“Konser kemanusiaan Melly Goeslaw rangkaian acara ACT Nasional yang mampir ke kota Banjarmasin. Hasil dari konser, setengahnya akan dikirim ke NTB, dan setengahnya lagi ke Palestina dan Suriah,” beber Arie Setiawan.

Ia mengatakan, ACT Kalsel akan berada di NTB selama tiga bulan, guna recovery fisik dan psikologi korban. Sementara itu, sudah ada sekitar 50 truk bantuan ACT dari Pulau Jawa sudah disalurkan.

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina bersyukur warga Banjarmasin dan ACT Kalsel bersama-sama saling membantu untuk kemanuasiaan.

“Atas nama Pemkot dan warga Banjarmasin, kami berterima kasih untuk panitia, bahwa semangat kemerdekaan harus diiringi dengan berbagi untuk saudara kita yang tertimpa musibah,” kata rekan kerja Hermansyah di Balaikota Banjarmasin ini.

Diungkapkannya, pada olahraga Jumat pekan lalu, dilakukan penggalangan dana, dan terkumpul sekitar Rp 7 juta, kemudian dari sakunya pribadi sebesar Rp 10 juta. “Totalnya sekitar Rp 17 juta. Semoga ini bisa membantu, dan bisa untuk melatih rasa solidaritas dan empati kepada sesama,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Husaini
Editor Andi Oktaviani
Anda mungkin juga berminat
Loading...