Tangkap Peluang Bisnis Kapal Kalimantan, PT DKB Bangun Graving Dock Banjar 2

0

PROGRAM tol laut yang jadi andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Nawacita, membuka peluang usaha perkapalan dan perawatan moda transportasi laut ini.  Menangkap kans bisnis ini, PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (DKB) melebarkan sayap ke wilayah Indonesia Timur, salah satu kota yang dibidik adalah Banjarmasin.

PERUSAHAAN plat merah ini pun membangun graving dock Banjar 2 dan sistem airbag di Area Shipyard Banjarmasin dengan menelan dana Rp 18,8 miliar. General Manager Shipyard Banjarmasin, Rudi Patmo mengakui dengan fasilitas baru ini bisa meningkatkan kapasitas produksi yang sebelumnya hanya 45.000 DWT menjadi 60.000 DWT.

“Untuk pembangunan graving dock Banjar 2 dan sistem airbag ini diestimasi selama 210 hari kerja. Dengan adanya fasilitas ini, PT DKB bisa mengembangkan layanan pemeliharaan dan perbaikan kapal-kapal milik pemerintah, badan usaha milik negara (BUMN) dan swasta di wilayah Kalimantan,” kata Rudi Patmo, dalam laporan kegiatan ground breaking di Banjarmasin, Rabu (15/8/2018).

Menurut dia, jika fasilitas graving dock Banjar 2 dan sistem airbag selesai dibangun, akan mampu melayani pemeliharaan kapal berkapasitas besar seperti tugboat, tongkang dengan kapasitas 400 fit, kapal kargo berdiameter 4,5 meter, kapal penumpang dengan kapasitas 1.000 penumpang hingga kapal pengangkut minyak milik Pertamina.

Senada itu, Komisaris Utama PT DKB Laksda (Purn) Desi Albert Mamahit berharap kehadiran infrastruktur terbaru PT DKB di Banjarmasin mampu mendorong pengembangan bisnis BUMN di bidang perkapalan, khususnya di wilayah Indonesia Timur.

“Saat ini, program tol laut merupakan andalan dari Presiden Joko Widodo dalam nawacita. Makanya, kami siap menyediakan jasa pemeliharaan dan perbaikan kapal yang berkualitas,” ucap Desi Albert Mamahit, didampingi Direktur Utama PT DKB Wahyu Suparyono dan Direktur Komersial Albertus Pataru.(jejakrekam)

 

Penulis Afdi Achmad
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.