Pers dan Dunia Politik Satu Kesatuan yang Tak Dapat Dipisahkan

0

KETUA Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo mengatakan, peran pers dalam dunia politik di Indonesia sangat penting. Hubungan pers dan dunia politik adalah  satu kesatuan yang mungkin tidak dapat dipisahkan.

HAL tersebut disampaikannya saat menjadi narasumber dalam kegiatan Refleksi Kemerdekaan RI KE-73 Di Aula Vihara Dharmasoka yang dilaksanakan LK3 Banjarmasin dan FKUB Kalsel, Kamis (16/08/2018).

“Artinya pers dan dunia politk akan saling membutuhkan dan mempengaruhi satu sama lain.  Tetapi jangan sampai berpihak ke salah satu parpol. Dan yang tidak kalah penting jangan sampai membuat berita hoax,”  ujarnya.

Ia pun mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan kali ini dalam menyambut kemerdekaan RI ke-73. “Kegiatan ini acara yang positif dalam menyambut hari kemerdekaan. Saya  baru tahu, bahwa ini merupakan acara rutin yang dilaksanakan setiap tahun,di Banjarmasin,” jelasnya.

Menurut dia, untuk memaknai hari kemerdekaan bisa dilakukan dengan memikirkan kembali tentang apa  makna kita hidup bersama dalam negara ini. Kemudian, sebut dia mendiskusikan masalah tantangan yang kita hadapi

Apalagi, sebut dia, 2018 ini adalah tahun politik karena pada 2019 dilaksanakan pemilihan umum. Menurut dia, semua pihak harus sadar bahwa pemilu itu hanya seremonial  saja guna memilih pemimpin terbaik  bangsa ini. “Jangan mencemoh salah satu calon, karena siapaun yang nanti terpilih dia adalah pemimpin kita. Apapun hasilnya,  yang terpenting bagaimana membangun negara ini,” jelasnya.

Sementara itu, Bhikkhu Dhammasubho Mahathera  mengungkapkan, dirinya sudah keliling  beberapa negara Eropa, Timur Tengah dan   Asia. Dan,   negara yang paling damai hanya  Indonesia, padahal terdiri dari berbagai macam agama, suku. “Ini  karena dalam memperebutkan kemerdekaan bukan hanya satu agama tetapi beragam agama,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.