Cegah Karhutla, BPBD Barito Utara Kirim Mobil Tangki ke 9 Kecamatan

0

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barito Utara segera menyalurkan mobil tangki air untuk 9 kecamatan yang ada di kabupaten itu. Mobil berkapasitas 4.000 liter atau 4 ton air itu bisa digunakan warga untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) selama musim kemarau.

KEPALA BPBD Barito Utara, Gazali Mantalatua di Muara Teweh, Kamis (16/8/2018), menegaskan upaya pencegahan karhutla tak hanya dibebankan kepada para aparat atau petugas, namun kewajiban bagi masyarakat untuk turut terlibat.

“Saat ini, memasuki musim kemarau, seluruh kecamatan yang ada di wilayah Barito Utara merupakan hutan dan lahan yang mudah terbakar. Dengan penyaluran mobil tangki air, bisa menjadi awal pencegahan dini karhulta,” tutur Gazali Mantalatua.

Menurut dia, tak hanya menyalurkan mobil tangki, masyarakat juga dibimbing dan dilatih tata cara penggunaan alat tersebut. “Jadi, masyarakat bisa mengoperasikan sesuai kebutuhan di lapangan,” ucap Gazali.

Ia mengungkapkan mobil tangki baru itu datang dalam beberapa hari lalu, dan kini tengah diperiksa dinas yang menangani aset. “Usai pengecekan, akan segera disalurkan ke masing-masing kecamatan,” katanya.

Masih menurut Gazali, saat ini, BPBD Barito Utara juga terus melakukan patroli keliling dalam memantau titik rawan terjadinya karhulta. “Kami mengimbau agar seluruh menjaga lingkungan agar bisa memininalisir terjadi karhuta dengan fasilitas yang ada,” imbuhnya.(jejakrekam)

 

Penulis Syarbani
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.