Satu Panggung, Berpadu Hentakan Musik Etnik Dayak dan Banjar

0

ATRAKSI permainan musik yang memadukan ritme tradisional dan modernitas tersaji di panggung utama Festival Pesona Budaya Borneo II di Gubernuran Kalsel, Jalan Jenderal Sudirman, Banjarmasin, Selasa (14/8/2018).

IRAMA bernuasana pesisir seperti Banjar, Melayu, serta etnik Dayak secara bergantian menghibur para penonton even tahunan yang diikuti lima provinsi di Pulau Kalimantan. Giliran pemusik tradisional dari Kalimantan Timur pun menggugah dengan alunan khas Dayak di aliran Sungai Mahakam.

Dengan pakaian khas Dayak yang begitu anggun, jadilah hiburan rakyat begitu mewarnai festival yang awalnya dihelat di Taman Mini Indonesia Indonesia (TMII).

Sementara itu, tuan rumah Kalimantan Selatan tak mau kalah. Band D’ Bungas yang merupakan band bentukan anak-anak Banjar turut menghentak panggung. Alunan musik panting dipadu arasemen musik populer, mendapat sambutan hangat penonton.

Apalagi, lagu-lagu ‘sakral’ karya maestro lagu Banjar, Anang Ardiansyah dibawakan Band D’ Bungas.  Band yang digawangi Yudit di keyboard, Lukas Pierre membentot bass, Zaid dengan gitar elektriknya, dan sang vokalis Muhajir, menyuguhkan suasana Banjar di pusat keramaian publik itu.

“Band kami memang lebih mengutamakan musik etnik dan budaya. Ya, dalam berkarya kami memadukannya dalam aliran musik yang universal,” ucap Muhajir, sang vokalis D’ Bungas Band  kepada jejakrekam.com, Selasa (14/8/2018).

Menurut Muhajir, dalam setiap tampil di berbagai tempat, D’ Bungas Band memadukan etnik budaya dan dipadukan aliran musik pop, rock, jazz dan lainya.

Sementara itu, penikmat musik etnik dan modern, Mercurius pun mengaku sangat terhibur dengan para pemusik tradisional dan modern yang bergantian naik di atas panggung Festival Pesona Budaya Borneo II. “Sayang, band-band semacam ini harusnya tampil di malam hari. Jadi, bisa lebih menikmatinya, karena suasana agak hening dibanding siang hari,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.