Mayoritas Petahana yang Terpilih, Ini Daftar Komisioner Bawaslu se-Kalsel

0

FINAL. Melalui pengumuman yang diteken Sekjen Bawaslu RI Gunawan Suswantoro, tertanggal 13 Agustus 2018, tercantum daftar nama komisioner terpilih dan pengganti antar waktu (PAW) hasil seleksi yang telah berlangsung sejak Juli-Agustus 2018.

DALAM pengumuman bernomor 0612/BAWASLU/SJ/HK.01.00/VIII/2018,  Bawaslu kabupaten dan kota terpilih masa jabatan 2018-2023 di 16 provinsi di Indonesia.  Mereka yang lolos adalah telah mengikuti serangkaian tes, terkhusus uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) berdasar penetapan Bawaslu RI bernomor 0611/K.BAWASLU/HK.01.00/VIII/2018, tanggal 11 Agustus 2018.

Menariknya, dalam daftar komisioner dan PAW Bawaslu se-Kalsel, ternyata masih didominasi calon-calon petahana. Seperti di Kabupaten Tanah Laut yang tersedia tiga kursi, nama Marsudi, Gunawan Rahayu, dan Tri Widoyati tetap terpilih. Sisanya, tiga nama jadi PAW adalah Taufikurrahman, Fendi Haryadi, dan Ansaruddin Manan.

Sedangkan lima komisioner Bawaslu Kotabaru diisi Mohammad Erfan, Andi Muhammad Saidi dan Fathurrahman, Akhmad Gafuri dan Rusdiansyah. Sisanya di daftar PAW adalah Hj Asni Harjati, Suko Yuwono, Andi Ishaq Suriansyah, Sarifudin Nor, dan Ida Rusmila.

Berlanjut ke Kabupaten Banjar. Ada lima komisioner Bawaslu Banjar terpilih yakni Muhammad Syahrial Fitri, Hairul Falah, Ramlianoor, Fajeri Tamzidillah dan Rizki Wijaya Kusuma. Masuk daftar PAW adalah Febrianto, Sapriansyah, Muhniansyah, Samsul Bahri, dan Yadaini Noor.

Begitupula, calon petahana juga mengisi formasi Bawaslu Batola, yakni Ahdi Hanafiah, Rakhmatullah Amin dan Muhammad Syaifi. Disiapkan sebagai PAW adalah Akhmad Gafuri, Wardi, dan Tommy Andrean.

Kemudian, Bawaslu Tapin yang terpilih adalah  Thessa Aji Budiono, Fathur Rahman Nor dan Fakhrian Noor. Sedangkan, Marliansyah, Mahruradi dan  Herman Firdaus disiapkan sebagai pengganti antar waktu. Untuk Bawaslu Hulu Sungai Selatan (HSS) terpilih Masridah Badwie, Hasnan Fauzan dan  Padilaturrahman. Dalam barisan PAW di HSS adalah Syatria Adymas P, Ihsan dan M Supian Tauri.

Sementara itu, komisioner Bawaslu Hulu Sungai Tengah (HST) terpilih adalah Muhammad Ahsani, Mailinasari, dan Muhammad Subhan dan PAW terdiri dari Ahmad Zulfadhli, Yusran, dan Amrullah.  Sedangkan di Bawaslu Hulu Sungai Utara (HSU), terpilih sebagai komisioner adalah Emmy Najmiati, Syardani, dan Khairil. Sedangkan di list PAW adalah Musyarafah, Lukmanul Hakim, dan Rima Melati.

Komisioner Bawasalu Tabalong terpilih adalah Mahdan Basuki, Hirsan dan Fahmi Failasopa. Sisanya adalah PAW  tercatat nama Ardiansyah, Akhmad Rajuli dan Ika Rahmawati. Sedangkan di Bawaslu Tanah Bumbu, terpilih sebagai komisioner adalah H Kamaluddin Malewa, Muhammad Sakra Effendi, dan Ratna Kustiah. Disusul, Karman, Irwandi dan H Helmi Apendi masuk PAW.

Berlanjut ke Kabupaten Balangan. Para komisioner terpilih adalah Wawan Gunawan, Mizwar Ilhamy dan Rosmelyannor, dan daftar PAW adalah Hendri Gunawan, Ardiansyah, dan Ainu Radha.

Untuk lima komisioner Bawaslu Banjarmasin juga tercatat nama-nama petahana seperti Muhammad Yasar,  Subhani, Rahmadiansyah terpilih, ditambah dua nama baru Munawar Khalil dan Mastawan.  Di posisi PAW adalah Akhmad Baihaki, Hafizah Wahid, Yohanes Lie dan Fahriza. Terakhir adalah Bawaslu Banjarbaru terpilih adalah Normadina, Dahtiar dan Akhmad Mukhlis Hasyim. Sedangkan, PAW adalah Ahmad Jazuli,  Yuniarti dan Muhammad Wahyu.

Ketua Tim Seleksi Anggota Bawaslu Kalsel Zona II, Dr Ani Cahyadi Maseri mengakui seluruh komisioner terpilih dan yang masuk PAW merupakan keputusan langsung dari Bawaslu RI, berdasar hasil penilaian dari serangkaian tes dan catatan yang diberikan Bawaslu Kalsel sebagai tim penguji.(jejakrekam)

 

Penulis Didi GS
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.