Dua Kali Kiper Persebaya Blunder, Selamatkan Muka Barito Putera

DUA kali blunder dilakukan kiper Persebaya, Dimas Galih akhirnya menyelamatkan muka Barito Putera dalam laga pekan ke-20 Liga 1 Indonesia bersama Gojek-Bukalapak di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Minggu (12/8/2018).

MISI merebut poin penuh di kandang lawan diperagakan anak asuh Bejo Soegijantoro, saat meladeni tim tuan rumah Barito Putera. Dengan menerapkan permainan terbuka, Persebaya berusaha merobek lini pertahanan Barito yang didukung ribuan pendukungnya.

Terbukti, beberapa peluang tercipta dari olah kaki tim berjuluk Bajol Ijo. Lewat skenario menyerang, kelincahan Rishadi Fauzi sempat merepotkan barisan pertahanan Barito Putera, dengan beberapa peluang yang tercipta di laga awal.

Meski begitu, Barito Putera tetap bisa mencuri poin. Di menit ke-34, melalui Paulo Sitanggang, gol tercipta akibat blunder sang kiper Dimas Galih. Ketika itu, Dimas ingin menendang bola, justru berhasil diblok Paulo. Akhirnya, bola pun bisa bersarang ke jaring gawang Persebaya.

Sontak gemuruh terdengar di Stadion 17 Mei Banjarmasin, ketika papan skor berubah jadi 1-0 untuk Barito Putera. Posisi ini bertahan hingga turun minum.

Bermodal kemenangan, Barito Putera makin insentif melakoni serangan ke lini terlarang Persebaya. Di menit ke-59, umpan Douglas Parker bisa dikonversi Rizky Pora yang lolos dari jebakan offside. Gol!!!, Rizky pun dengan dingin berhasil menceploskan si kulit bundar ke gawang yang dijaga Dimas Galih.

Ketinggalan dua gol, Persebaya tak mengendorkan serangan. Mereka ingin memperkecil kedudukan agar bisa meraih poin di kandang lawan. Tepat di menit 73, peluang dari umpan Rendi Saputra, bisa dimanfaatkan Fauzi hingga bisa menyarangkan gol balasan ke gawang Barito Putera.

Lagi-lagi, Persebaya harus menelan pil pahit. Gara-gara blunder sang kiper, ketika Dimas Galih mencoba membuang bola, justru berhasil dimanfaatkan sang striker Barito Putera, Samsul Arif. Eks penyerang Persela Lamongan ini berhasil mencatatkan namanya di papan skor, berjeda lima menit usai Persebaya meraih gol.

Dua kali blunde yang dilakukan Dimas Galih, rupanya membuat sang pelatih Bejo, akhirnya mengambil langkah cepat. Pada menit ke-78, Dimas Galih ditarik keluar lapangan, digantikan Miswar Saputra.

Rasa percaya diri pemain Persebaya pun tumbuh. Hingga pada menit ke-83, melalui tandukan Fauzi dari umpan yang diarahkan Rendi, berhasil menjadi gol. Skor 2-3 pun berubah di papan skor. Meski kedua tim baku serang, namun sisa waktu yang ada, justru tak bisa dimanfaatkan Persebaya untuk mencetak satu gol lagi.

Begitu peluit panjang ditiup sang pengadil lapangan, Barito Putera pun menang tipis atas Persebaya. Hasil pertandingan ini membuat Barito Putera naik ke posisi empat klasemen sementara Liga 1 dengan modal 32 poin. Sedangkan, Persebaya harus melorot di peringkat 13 dengan 25 angka.(jejakrekam)

 

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi GS
Anda mungkin juga berminat
Loading...