Paman Birin : Budaya dan Pariwisata Kalimantan Sangat Memesona

GUBERNUR Kalimantan Selatan Sahbirin Noor resmi membuka Festival Pesona Budaya Borneo II di Gubernuran Kalsel Banjarmasin, Sabtu (11/8/2018). Even budaya tahunan ini diikuti lima provinsi di Pulau Kalimantan, serta dihadiri perwakilan negara sahabat.

BAGI Gubernur Kalsel ini, budaya dan pariwisata Kalimantan sejatinya sangat memesona bagi wisatawan lokal maupun asing.

“Sebab, Kalimantan memiliki kekayaan alam luar biasa, baik laut dengan pantainya, kemudian daratan dengan air terjunnya dan gunungnya yang indah beserta sawah yang melimpah,” papar Paman Birin-sapaan akrab gubernur ini.

“Ditambah lagi dengan kebudayaan yang unik dan sudah berabad-abad yang masih bertahan hingga sekarang. Itu sesuatu yang luar biasa bagi kita sebagai warga Kalimantan,” ucap Ketua DPD Partai Golkar Kalsel ini.

Mantan Sekretaris Camat Banjarmasin Barat ini meyakini, dengan adanya kekayaan alam beserta budaya khas Kalimantan ini menjadikan pemandangan baru bagi wisatawan lokal maupun asing.

Sahbirin mengatakan, seni dan budaya Kalimantan ini harus dilestarikan. Apalagi, hal ini menurutnya, mengandung nilai-nilai moral keindahan. “Ini tentu membuat kita menjadi bangsa yang beradab,” ujarnya.

Sahbirin mengajak kepada warga Kalimantan untuk menjaga persatuan dan kesatuan dalam menciptakan kedamaian untuk Indonesia. Ia juga mengaku bersyukur dengan banyaknya negara yang berhadir ini membuatnya menginginkan Kalimantan Selatan menuju dunia. “Sudah sering saya katakan South Borneo for World,” ujarnya.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Didi GS
Anda mungkin juga berminat
Loading...