Trotoar Sepanjang 2 Kilometer di Jalan Achmad Yani Ditata, Ini Rencananya!

INGIN memberi kesan Kota Banjarmasin terlihat rapi, ramah dan teratur, Walikota Ibnu Sina langsung membidik penataan trotoar di sepanjang Jalan Achmad Yani mulai kilometer 2 hingga arah ke luar kota. Untuk tahap pertama, akan didandani sepanjang 2 kilometer yang diperuntukkan bagi pejalan kaki, terutama penyandang disabilitas.

DENGAN konsep trotoar yang luas dan indah, Walikota Ibnu Sina mengakui dalam menerapkan program penataan ini akan berdampak baik bagi Banjarmasin. “Bagaimana pun, Jalan Achmad Yani merupakan pintu gerbang masuk ke Banjarmasin. Nah, ketika orang datang akan melihat kondisi trotoar Banjarmasin yang tertata, luas dan enak dipandang. Ini tentu memberi nilai tambah bagi kota,” ucap Walikota Ibnu Sina kepada wartawan, di sela-sela aksi bersih-bersih di kawasan Siring Tendean Banjarmasin, Jumat (10/8/2018).

Untuk tahun ini, mantan Ketua DPW PKS Kalsel memastikan dari arah Jalan Achmad Yani Km 2 hingga ke luar kota, ditata trotoar itu sepanjang dua kilometer.

“Makanya, kami meminta dukungan masyarakat, terutama para pemilik ruko, bangunan dan reklame sepanjang Jalan Achmad Yani untuk program penataan ini,” ucap mantan anggota DPRD Kalsel ini.

PPMI2

Menurut dia, bagi reklame yang berada di kawasan trotoar akan dipindahkan dengan pemberian kompensasi atas kerugian yang ada. “Selama ini, kondisi baliho atau reklame yang ada di sepanjang Jalan Achmad Yani juga tak tertata. Ada yang kelihatan maju dan mundur. Nah, dengan ditatanya trotoar yang rapi dan luas tentu memberi kesan baik bagi kota ini,” kata Ibnu Sina.

Mengenai kompensasi kepada pengusaha reklame yang tergusur, Ibnu Sina memastikan Pemkot Banjarmasin akan memberi ruang khusus serta perhitungan lainnya. “Kebijakan ini semata-mata untuk menata kota, terutama akses trotoar bagi pejalan kaki dan penyandang disabilitas agar lebih nyaman, luas dan teratur,” pungkasnya.(jejakrekam)

 

Penulis Arpawi
Editor Didi GS
Anda mungkin juga berminat
Loading...