Bukan Hanya Cakupan, Mutu Vaksin MR Juga Harus Diperhatikan

SELAIN cakupan, penerapan penggunaan vaksin Measles Rubella (MR) kepada target 1.120.522 anak di Kalsel, juga mengutamakan mutu imunisasi.

AGAR tetap aman dan siap digunakan, vaksin MR disimpan secara khusus di buffer stock instalasi farmasi, dan sebagian lagi sudah didistribusikan ke kabupaten/kota.

Adanya sebagian penundaan penggunaannya karena masih ada masyarakat yang menunggu sertifikasi halal MUI, maka adanya tenggang waktu atas penggunaan vaksi campak tersebut harus aman kualitasnya.

“Saat ini, vaksin kita simpan di instalasi farmasi, sebagian lagi sudah kami kirim ke kabupaten/kota sesuai kebutuhannya,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kalsel M Muslim.

IKLAN TENGAH

Diungkapkannya, vaksin MR produksi India ini, memiliki waktu atau masa expired yang cukup panjang. Namun, hanya memiliki masa waktu 6 jam jika setelah bahan beku itu dicairkan. Selebihnya tak berfungsi lagi.

Terkait adanya sebagian penundaan penggunaannya dimasyarakat dan jika nantinya tak cukup waktu, maka akan dikomunikasikan ke pemerintah pusat maupun kabupaten kota.

“Kita masih memiliki waktu dua bulan. Jika tak cukup waktu nanti akan dikomunikasikan ke pemerintah pusat dan kabupaten kota,” bebernya.

Menurut dia, hingga hari ketiga pelaksanaan imunisasi, sudah secara serentak bagi 11 ribu lebih anak berusia 0-15 tahun. “Yang kita sasar bukan hanya cakupan, tapi juga mutu dari imunisasi itu,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Andi Oktaviani
Anda mungkin juga berminat
Loading...

Bukan Hanya Cakupan, Mutu Vaksin MR Juga Harus Diperhatikan