Pengamanan Satpol PP di Harjad Kalsel di Gubernuran Banjarmasin Dinilai Berlebihan

PENGAMANAN agak berlebihan terlihat dari puncak peringatan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke-68 di Gubernuran Kalsel, Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (9/8/2018). Ini terlihat dari barisan pagar betis yang diterapkan aparat Satpol PP Provinsi Kalsel, terkesan membuat masyarakat tak bisa mendekati para petinggi daerah.

KEPALA Satpol PP dan Damkar Provinsi Kalimantan Selatan, Dahnial Kifli mengakui adanya permintaan pengamanan, hingga menerjunkan puluhan petugas Satpol PP pada saat rangkaian peringatan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke-68 di kawasan Siring Titil Nol Banjarmasin itu.

Namun, berbeda dengan warga yang menghadiri prosesi Harjad Provinsi Kalsel sengaja dimajukan hari, berhubungan agenda Gubernur Sahbirin Noor untuk berangkat haji ke Tanah Suci Makkah-Madinah. Di lapangan, justru pengamanan berlangsung sangat ketat.

Hal ini juga dialami sebagian wartawan yang sedang meliput. Mereka terpaksa mundur akibat didorong petugas Satpol PP.  Seperti dialami Juhriansyah. Wartawan televisi nasional ini menilai apa yang dilakukan Satpol PP Provinsi Kalsel ini sangat berbeda jauh dengan tahun-tahun sebelumnya.

PPMI2

“Setahu saya Paman Birin itu orangnya sangat merakyat dan senang membaur dengan warga,  tetapi kali ini susah untuk mendekat dengan beliau,” ucap Juhriansyah, prihatin.

Terpisah, Kepala Satpol PP dan Damkar Provinsi Kalimantan Selatan Dahnial Kifli kepada jejakrekam.com mengatakan pihaknya mengamankan lokasi kegiatan Gubernur Sahbirin Noor agar semuanya berjalan lancar.  Apalagi, menurut Dahnial, suasana di lokasi sangat padat. Tetapi, terkait adanya keluhan atau ketidaknyamanan yang dirasakan warga dan juga wartawan ia menyatakan permohonan maaf, sebab tidak ada niat menghalang-halangi.

“Saya mohon maaf atas ketidaknyamanan tersebut,  namun ke depan kami akan melakukan evaluasi agar lebih baik, ” pungkas Penjabat Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) ini.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Andi Oktaviani
Anda mungkin juga berminat
Loading...