Dinas Ketahanan Pangan Siapkan Rp 4 Miliar untuk Puncak Peringatan HPS Tahun 2018

DINAS Ketahanan Pangan mengalokasikan dana sekitar Rp 4 miliar untuk turut menyukseskan puncak peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) Tahun 2018 pada 18 Oktober 2018 nanti.

DANA tersebut khusus untuk melaksanakan puncak kegiatan itu, namun dana tersebut tidak termasuk untuk pembukaan lahan pertanian dan infrastruktur penunjang lainnya.

“Rp 4 miliar itu, hanya dialokasikan untuk kegiatan pelaksanaan hari puncak, termasuk expo teknologi pertanian dan lainnya,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalsel Ir Suparno, Rabu (8/8/2018).

Menurut dia, untuk kesiapan infrastruktur dan sarana prasarana lainnya ditopang oleh Dinas PUPR dan Dinas Pertanian, yang pelasanaannya melibatkan berbagai pihak.

IKLAN TENGAH

Sedang pasca kegiatan,
nantinya semua lahan akan diserahkan kepada masyarakat setempat yang dikelola 50 Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).

Dengan demikian, masyarakat di Desa Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala, akan merasakan kemajuan yang sjgnifikan, terutama pemanfaatan lahan tidur yang sudah digarap sebagai penopang perekonomian sekaligus lumbung padi dengan Serapan Gabah Petani (Sergap) sebagai cadangan pangan pemerintah.

Ia optimis bahwa pemerintah daerah yang dibantu oleh beberapa pihak, khususnya TNI, mampu menyukseskan HPS sebagai jawaban dan tantangan pemerintah pusat, yang menunjuk Kalsel sebagai satu tuan rumah HPS Tahun 2018.

“Kalsel ditantang dalam kegiatan HPS ini oleh pemerintah pusat, dan ini bentuk apresiasi sebagai daerah penyandang pangan,” katanya.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Andi Oktaviani
Anda mungkin juga berminat
Loading...

Dinas Ketahanan Pangan Siapkan Rp 4 Miliar untuk Puncak Peringatan HPS Tahun 2018