Pertama di Kalsel, Pemkab Banjar Bentuk Brigade Informasi Daerah

0

DI era keterbukaan informasi seperti sekarang ini, mengharuskan setiap pemerintah daerah memberikan seluas-luasnya informasi tentang program pembangunan yang sudah atau sedang dilaksanakan. 

PEMKAB Banjar melalui Dinas Informasi, Komunikasi, Statistik dan Persandian, menyikapi kewajiban tersebut dengan membentuk Brigade Informasi Daerah. Brigade ini terdiri dari perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), badan, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), serta  unsur kecamatan.

Pengukuhan Brigade Informasi Daerah Kabupaten Banjar dilakukan Bupati H Khalilurrahman usai apel gabungan di halaman Kantor Pemkab Banjar.

Pengukuhan ditandai pemasangan rompi kepada dua anggota Brigade Informasi Daerah oleh Bupati H Khalilurrahman dan disaksikan Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar H Nasrunsyah, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian HM Farid Soufian.

Sekdakab Banjar H Nasrunsyah mengatakan, keberadaan Brigade Informasi Daerah sangat penting untuk memberikan informasi tentang program kerja setiap SKPD, badan, BUMD, serta kecamatan.

Kadis Kominfo, Staristik dan Persandian Kabupaten Banjar HM Farid Soufian menjelaskan, anggota Brigade Informasi Daerah terdiri dari perwakilan setiap SKPD, badan, BUMD dan kecamatan di Kabupaten Banjar.

Menurut Farid, mereka diwajibkan untuk menginformasikan tentang kegiatan pembangunan dan program kerja SKPD dan wilayah kecamatan masing-masing. Rilis berita dan foto kemudian dikirim ke Media Center Kabupaten Banjar yang dikelola oleh Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian guna dipublikasikan.

“Pembentukan Brigade Informasi Daerah ini merupakan inovasi kita guna menggali sebesar-besarnya informasi kegiatan pembangunan dan pelayanan masyarakat hingga di kecamatan. Baru Kabupaten Banjar yang membentuk brigade seperti ini,” bebernya.

Farid Soufian mengungkapkan, sesuai dengan UU Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, maka setiap media publik mesti memberikan informasi yang mudah diakses masyarakat secara luas.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.