Transmart Buka, Target Pajak Parkir Duta Mall Dinaikkan Hampir Rp 500 Juta

POTENSI pajak parkir di Duta Mall Banjarmasin bisa kembali digenjot. Selama ini, pusat perbelanjaan terbesar di Kalimantan Selatan ini menyumbang bagi pendapatan asli daerah (PAD) mencapai Rp 300 juta per bulan atau Rp 4 miliar per tahun. Namun, dengan kehadiran Transmart dan Trans Studio Mini dipastikan bisa terdongkrak lagi.

ANGGOTA Komisi II DPRD Banjarmasin, M Isnaini mengungkapkan dari data Badan Keuangan Daerah (Bakueda) tercatat penerimaan pajak parkir dari Duta Mall mencapai Rp 300 juta per bulan atau Rp 4 miliar per tahun. “Dari potensi ini, sebenarnya bisa digenjot lagi penerimaan pajak parkirnya. Di sinilah, pentingnya pengawasan ketat dari Pemkot Banjarmasin,” ucap Isnaini kepada wartawan di DPRD Banjarmasin, Senin (6/8/2018).

Legislator PKB ini mendesak agar Pemkot Banjarmasin membuka data sesungguhnya berapa pajak parkir yang dibayar pihak Duta Mall. Ini mengingat, menurut Isnaini, sistem pemungutan ongkos parkir yang diterapkan Duta Mall berbeda dengan kawasan parkir lainnya di Banjarmasin.

“Di sana, diterapkan sistem progresif, artinya parkir kendaraan roda empat dan dua dihitung per jam. Kalau dikalkulasi secara kotor, potensinya bisa digali hingga Rp 8 miliar bahkan Rp 10 miliar per tahun dari Duta Mall,” ucap Isnaini.

IKLAN TENGAH

Dari catatan Isnaini, berdasar target penerimaan sektor pajak parkir Rp 5,5 miliar dan retribusi sebesar Rp 3,5 miliar dalam tahun anggaran 2018 ini. “Makanya, Pemkot Banjarmasin harus pro aktif agar potensi pajak parkir ini bisa digali lagi,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Ichwan Noor Chalik mengakui pajak parkir di Duta Mall hampir mencapai Rp 300 juta per bulan. Namun, menurut Ichwan, dalam beberapa kali rapat, justru penerimaan pajak dan retribusi parkir justru tidak menentu.

“Namanya pajak itu, orang parkir kan kadang-kadang full, kadang-kadang tidak. Bisa mencapai Rp 300 juta, bisa juga kurang,” ucap mantan Kepala Satpol PP Banjarmasin ini.

Ichwan mengaku, telah menaikkan pajak dan retribusi parkir hingga Rp 500 juta per bulan, seiring dengan dibukanya Transmart di Duta Mall Banjarmasin. “Untuk sektor penerimaan pajak parkir yang dikelola Dishub Banjarmasin ditarget lebih dari Rp 4 miliar. Makanya, kami naikkan lagi khusus untuk Duta Mall hingga ratusan juta,” kata Ichwan.(jejakrekam)

 

Penulis Arpawi
Editor Didi GS
Anda mungkin juga berminat
Loading...

Transmart Buka, Target Pajak Parkir Duta Mall Dinaikkan Hampir Rp 500 Juta