Meningkatkan Kesadaran Hukum bagi Warga Banjarmasin

0

KELUARGA sadar hukum adalah wadah yang berfungsi menghimpun warga masyarakat dengan kemauannya sendiri berusaha meningkatkan kesadaran hukum bagi dirinya.

HAL ini merupakan strategi melaksanakan Renstra Kementerian Hukum dan HAM RI yang menjadi landasan operasional diseluruh wilayah Indonesia.

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengungkapkan, ini merupakan program dari Bagian Hukum, bekerjasama dengan TP PKK Kota Banjarmasin untuk meningkatkan kesadaran hukum bagi anak-anak dan perempuan. Apalagi Banjarmasin berkeinginan menjadi kota inklusi ramah difabel dan layak anak.

“Kegiatan ini sengaja dilaksanakan, karena bagaimana pun juga peran ibu-ibu dan perempuan sangat penting,” ucapnya.

Mantan anggota DPRD Kalsel ini mengatakan, sesuai UU perlindungan anak-anak dan perempuan, hal ini perlu disosialisasikan terkait hak apa saja yang diperuntukkan anak-anak dan perempuan.

Mantan Ketua DPW PKS Kalsel ini menambahkan, dengan penyuluhan ini diharapkan anak-anak dan perempuan sadar memiliki hak dan kewajiban.

“Tentunya ibu ini akan mentransfer lagi ke kader-kader PKK. Kita pada 2017 sudah mengaplikasikan ini di satu kelurahan. Tapi ini hanya satu kelurahan, dimana dengan satu kelurahan yang lain perlu ada bersinergi,” ujarnya.

Ibnu Sina mencontohkan, pada Kelurahan Teluk Dalam ditetapkan sebagai tempat yang menghargai hak-hak perempuan dan anak-anak ini dilaksanakan dengan SOP yang sudah disepakati.

“Karena ada ibu-ibu yang giat ke lapangan melakukan penyuluhan. Kemudian, ketika terjadi kekerasan anak dan perempuan ini otomatis ada SOP yang langsung dilakukan. Ibu-ibu lapor ke ketua RT, kemudian ketua RT langsung kecamatan, hingga diambil tindakan,” ucapnya.

Ibnu berharap, Banjarmasin bukan hanya melakukan pembangunan fisik, tetapi juga perlu membangun keluarga. Apalagi, menurutnya setelah menyandang sebagai kota dengan predikat penghargaan Manggala Karya Kencana ini merupakan penghargaan tertinggi dari pembangunan bidang keluarga berencana. “Mudah-mudahan ini menjadi spirit bersama bagi kita,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Atpawi
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.