Incar Kursi DPR RI, Berry Nahdian Furqan, Ian Kasela dan Rifqinizamy Dipasang PDIP

NAMA-nama bakal calon legislatif (bacaleg) unggulan PDI Perjuangan yang akan bertarung di daerah pemilihan (dapil) Kalsel 1 dengan 6 kursi DPR RI di Pemilu 2019, kini terus ditempa parpol pemenang Pemilu 2014 itu.

SEJUMLAH nama tenar seperti sang vokalis Band Radja, Ian Kasela yang bernama asli Iandhika Mulya Ramadhan, calon petahana DPR RI Dardiansyah, Sekretaris PWNU Kalsel yang juga mantan Direktur Eksekutif Nasional Walhi Berry Nahdian Forqan, serta tokoh Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dan eks dosen Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Rifqinizamy Karsayuda.

Mereka pun mengikuti pembekalan caleg DPR RI bersama koleganya di Hotel Mercure Ancol Jakarta, Minggu (5/8/2018). Dalam pembekalan calon wakil rakyat parpol banteng moncong putih itu, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo selaku kader partai, turut memberi pengarahan dalam menghadapi Pemilu 2019 mendatang.

“Memang ada pengarahan teknis yang disampaikan Bu Mega dan Pak Jokowi. Kemudian, dari DPP PDIP mengenai tantangan ke depan dalam menghadapi Pemilu 2019, termasuk menyukseskan pemilihan presiden bagi Pak Jokowi,” kata bacaleg PDIP dapil Kalsel 1, Berry Nahdian Forqan kepada jejakrekam.com, Minggu (5/8/2018) malam.

Berry tak memungkiri dalam persaingan memperebutkan 6 kursi yang tersedia di dapil Kalsel 1, cukup sengit tak hanya di kalangan internal, tapi menghitung kekuatan lawan eksternal.

“Apalagi, sistem penghitungan kursi parlemen di Pemilu 2019 sangat berbeda dengan pemilu sebelumnya. Sistem sainte lague murni ini jelas akan menguntungkan parpol-parpol besar,” kata Berry.

IKLAN TENGAH

Sekretaris PWNU Kalsel ini juga melihat peluang banyaknya pemilih pemula di Pemilu 2019, sehingga dengan dipasangnya sejumlah tokoh muda oleh PDIP bisa menggaet potensi suara tersebut. “Dengan begitu, cara berpikir pun harus diubah, dibandingkan dengan pendekatan dengan pemilih tua. Saya rasa kans untuk ruang yang sama masih terbuka, walau harus bertanding dengan para incumbent di dapil Kalsel 1,” ucap Berry.

Tokoh aktivis lingkungan melalui jaringan Walhi ini menyakini masyarakat Kalsel telah menangkap keinginan untuk perubahan. Nah, menurut Berry, peluang ini harus bisa dimanfaatkan para bacaleg muda untuk meraup suara, khususnya bagi nama-nama bacaleg tenar di PDIP.

Terpisah, Rifqinizamy Karsayuda yang awalnya masuk dalam bursa nama bacaleg Partai Amanat Nasional (PAN) di dapil Kalsel 1 mencakup Kabupaten Banjar, Batola, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan dan Tabalong ini kini bertengger di daftar bacaleg PDIP.

“Saya diberi amanah oleh DPP PDIP yang langsung diberikan Ketua Umum Bu Megawati Soekarnoputri untuk menjadi bacaleg DPR RI di dapil Kalsel 1. Amanah ini tentu harus saya jalankan,” kata Rifqinizamy.

Menurut dia, misinya untuk maju dalam perebutan kursi legislator DPR RI adalah didorong niat baik untuk mempercepat akselerasi pembangunan Kalsel di tingkat nasional ke depan. “Untuk itu, saya memohon dukungan, bimbingan dan nasihat dari masyarakat. Yang jelas, sekarang saya adalah bacaleg DPR RI dari PDIP,” pungkas Ketua HKTI Kalsel ini.(jejakrekam)

 

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi GS
Anda mungkin juga berminat
Loading...

Incar Kursi DPR RI, Berry Nahdian Furqan, Ian Kasela dan Rifqinizamy Dipasang PDIP