Tak Ada Puskesmas di Desa Panyiuran, Tim Medis TMMD Kodim 1006/Martapura Jemput Bola

0

SATUAN Tugas (Satgas) Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 Kodim 1006/Martapura di bawah kendali Korem 101/Antasari memberikan pelayanan dan pengobatan gratis kepada warga Desa Panyiuran, Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar, Minggu (29/7/2018).

SELAIN fokus terhadap kegiatan fisik seperti pembangunan jembatan, jalan rehab rumah ibadah, pembangunan jamban, Satgas TMMD Ke-102 Kodim 1006/ Martapura juga melaksanakan kegiatan non fisik di antaranya, memberikan pelayanan dan pengobatan secara gratis bagi Warga Desa Panyiuran.

Aidil (36 tahun) warga Desa Panyiuran  yang mendapatkan pengobatan gratis dari tim Satgas TMMD menuturkan, ia merasa sangat tertolong dan sangat mengapresiasi dengan adanya pelayanan kesehatan gratis. Apalagi, pemeriksaan medis juga dilengkapi dengan peralatan yang memadai dan obat-obatan yang langsung diterjunkan tim kesehatan Satgas TMMD ke-102 di Desa Panyiuran.

“Alhamdulillah, kami warga desa terbantu sekali dengan adanya pengobatan dan layanan kesehatan gratis ini. Warga yang sakit  selama ini terpaksa menempuh jarak yang cukup jauh untuk ke puskemas. Apalagi, di Desa Panyiuran belim ada puskesdes,” ucap Aidil.

Ia juga berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar bisa segera membangun puskesdes di Desa Panyiuran, agar warga desa tidak lagi terlalu jauh untuk berobat.

Terpisah, Kepala Kesehatan Satgas TMMD Sersan Kepala (Serka) Adi Purnomo mengatakan, pelayanan kesehatan gratis merupakan bagian dari program non fisik TMMD ke-102 di Desa Panyiuran.

Menurutnya, selama mendirikan pos kesehatan, sudah ada sejumlah warga masyarakat yang berobat dan di antaranya mengeluh sakit seperti sakit gigi, sakit kepala, flu dan demam.

“Mereka langsung mengunjungi posko TMMD untuk memeriksakan kondisi kesehatannya. Kami memberikan  pelayanan serta obat  tanpa dikenakan tarif. Tim Kesehatan juga menerima panggilan ke rumah-rumah warga yang mengeluhkan sakit, ya sistem jemput bola,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.