Dirgahayu

Terima Pinangan PAN, Bertarung di Kalsel 1, Sultan Khairul Saleh Bidik Kursi DPR RI

LAMA berkiprah di dunia birokrasi, kini Sultan Khairul Saleh yang resmi pensiun dini dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera), mantan Bupati Banjar dua periode 2005-2015 ini memilih gelanggang politik sebagai ladang pengabdiannya.

JELANG suksesi legislator Senayan Jakarta di Pemilu 2019, Sultan Khairul Saleh pun memilih bergabung ke Partai Amanat Nasional (PAN). Mengejutkan, Raja Kesultanan Banjar diusung PAN sebagai bakal calon legislatif (caleg) DPR RI daerah pemilihan Kalsel 1 mencakup Kabupaten Banjar, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Tabalong, dan Kabupaten Balangan. Di dapil Kalsel 1 ini, disediakan 6 kursi legislator Senayan Jakarta.

Masuknya Sultan Khairul Saleh dalam bursa calon anggota DPR RI, mendapat perhatian publik di Kalimantan Selatan, khususnya di Kabupaten Banjar. “Baguslah kalau mantan bupati kita (Bupati Banjar) maju dan akan menjadi wakil kita di DPR RI,” ujar Muhammad Syamsul, salah seorang warga Kecamatan Sungai Tabuk.

Kepada jejakrekam.com, Senin (23/7/2018),  Sultan Khairul Saleh membenarkan telah mengantongi restu dari DPP PAN dan DPW PAN Kalsel untuk jadi bacaleg DPR RI di dapil Kalsel 1, di nomor urut 1. Menariknya, dalam daftar bacaleg, Khairul Saleh hanya mencantumkan nama pangeran, bukan sultan yang melekat pada gelar kebangsawaannya.

Menurut Khairul Saleh, walaupun sudah pernah menjabat sebagai Bupati Banjar selama dua periode dalam melayani masyarakat, namun hal itu masih jauh dari cukup. Terlebih lagi, mantan Kepala Dinas Kimpraskot Banjarmasin ini  memastikan jika terpilih menjadi wakil rakyat di pusat, maka peluang untuk membantu masyarakat menjadi luas. Tak hanya bagi warga Kabupaten Banjar, tetapi seluruh Kalimantan Selatan.

Ketua Umum Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) ini menyatakan, telah menerima pinangan untuk bergabung dengan PAN. “Sebab, PAN merupakan partai yang nasionalis dan agamis, serta partai terbuka. Melalui PAN, saya yakin akan mampu mewakili kepentingan masyarakat di Kalimantan Selatan mulai dari pelosok, hingga ke tingkat nasional,” tutur Ketua Orwil ICMI Kalimantan Selatan ini.

Menurut Khairul Saleh, dengan jalan politik bisa menjaga ritme pengabdian kepada masyarakat dan berkontribusi dalam membangun dan memajukan Banua dan bangsa Indonesia. “Saya mohon doa restu atas pencalonan di DPR RI dapil Kalsel 1 dalam Pemilu 2019 nanti,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi GS