Tim Pakem Barito Utara Awasi Aliran Kepercayaan yang Meresahkan Masyarakat

0

MENINDAKLANJUTI perintah Kejaksaan Agung (Kejagung) RI dalam pengawasan aliran kepercayaan dan aliran keagamaan dalam masyarakat (pakem) di daerah, Kejaksaan Negeri (Kejari) Barito Utara menggela rapat koordinasi di Muara Teweh, Kamis (19/7/2018).

DALAM rapat itu, Kepala Kejari Barito Utara Basrulnas mengungkapkan banyaknya aliran kepercayaan dan keagamaan di tengah masyarakat,  tentu harus mendapat perhatian yang serius.

“Terutama, aliran kepercayaan yang tumbuh di tengah masyarakat yang memang banyak meresahkan. Makanya, tim pakem dibentuk untuk melakukan pengawasan secara ketat, agar menghindari konflik di masyarakat,” ucap Basrulnas.

Menurutnya, tim pakem yang terdiri dari kejaksaan, TNI serta Polri juga beberapa dinas terkait,  saling berkoordinasi untukm  melakukan pemantauan setiap kegiatan kepercayaan terutama yang baru tumbuh di lingkungan masyarakat.

Ia menegaskan dengan pemantauan,  nantinya dapat melakukan langkah agar tidak berkembang,  terutama ajaran-ajaran kepercayaan yang sifatnya dapat menimbulkan keresahan di suatu wilayah.

“Upaya pemantauan juga termasuk pencegahan agar masalah ini tidak berkembang secara luas. Apalagi yang sipatnya dapat memecah belah masyarakat,” tuturnya.

Memang saat ini, kata Basrulnas, aliran kepercayaan telah berkembang di masyarakat telah menjadi atensi tim pakem. Oleh sebab itu, Basrulnas menilai  dengan dibentuknya tim ini dapat saling membantu agar tidak terjadi konflik di masyarakat.(jejakrekam) 

 

Penulis Syarbani
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.