30 Juli, Kirab Api Obor Asian Games 2018 Sapa Banjarmasin, Ini Rutenya

0

ESTAFET obor api Asean Games 2018 akan menyapa warga Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Meski perhelatan akbar olahraga se-Asia ke 18 ini dihelat di Jakarta dan Palembang, 18 Agustus-2 September 2018, Banjarmasin dan Banjarbaru termasuk kota yang akan disinggahi simbol supremasi olahraga internasional itu.

OBOR Asian Games 2018 yang bersumber dari api abadi ini diagendakan pada Senin (30/7/2018) akan tiba di Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru. Disambut acara seremonial, selanjutnya kirab api obor Asian Games akan melintas ke Jalan Achmad Yani Km 8, Kertak Hanyar diterima Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel, Zakly Aswan Helmi.

“Dari ruas Jalan Achmad Yani Km 8, obor akan dibawa lari secara bergantian oleh atlet Kalsel yang dibawa atlet nasional dari Jakarta. Mereka bergantian berlari membawa api sepanjang 500 meter,” ucap Zakly Aswan Helmi kepada wartawan di Banjarbaru, Rabu (18/7/2018).

Sesuai rute, obor kemudian dibawa masuk ke Kota Banjarmasin, melintasi Jalan Veteran menuju Siring Piere Tendean. Rencananya, ada 20 atlet yang membawa obor secara estafet, di antaranya ada 10 atlet berprestasi asal Kalsel. Dari Pasar Terapung di Siring Tendean, obot Asian Games akan dibawa mengarungi Sungai Martapura dengan menaiki klotok menyeberang ke Taman Siring Nol Kilometer Jalan Jenderal Sudirman.

“Dari sini, obor kemudian dibawa ke Mahligai Pancasila yang diterima Gubernur Kalsel Sahbirin Noor. Obor akan dimalamkan satu malam di Mahligai Pancasila, karena esok hari dibawa kembali panitia pusat,” tutur Zakly.

Ia memastikan prosesi penyambutan obor Asian Games 2018 melibatkan seluruh komponen, baik TNI, Polri, Basarnas dan pihak terkait lainnya. Kalsel, termasuk  dari 18 provinsi yang disinggahi obor Asian Games. “Khusus Kalimantan, hanya Kalsel yang disinggahi obor Asian Games,” pungkasnya.

Untuk diketahui, prosesi penyalaan obor sudah dilakukan pada Minggu (15/7/2018) lalu. Sumber api kirab obor diambil dari api abadi Asian Games yang tersimpan di Stadion Nasional Dhyan Chand, New Delhi, India, yang menjadi arena pelaksanaan perdana 1951.

Selanjutnya, obor tiba di Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah, pada 18 Juli 2018. Kemudian, memulai perjalanannya ke 53 kota yang berada di 18 provinsi. Bukan hanya untuk perayaan Asian Games, kirab obor ini juga diharapkan dapat menjadi kesempatan pemerintah pusat maupun daerah yang akan dilalui kirab obor untuk memperkenalkan budaya serta tempat wisata daerah setempat kepada dunia.(jejakrekam)

 

Penulis Sayyidil Ahmada
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.