Bentuk Karakter yang Disiplin, Kodim 1003 Kandangan Ajarkan Peraturan Baris Berbaris Kepada Siswa Baru

0

GUNA membentuk karakter yang disiplin serta jasmani yang prima, Dandim 1003/Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto menginstruksi kepada jajaran Koramil untuk memberikan pembekalan peraturan baris berbaris bagi para pelajar baru tahun ajaran 2018/2019.

UNTUK Koramil Angkinang, kegiatan ini dilaksanakan di SMAN 1 Angkinang oleh Babinsa Koramil 03 setempat. Sedangkan Koramil 1003-06 Simpur, dilaksanakan di SMAN 1 Simpur,” kata Dandim 1003/Kandangan Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto.

Ia merinci, baris-berbaris  suatu wujud latihan fisik guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara hidup masyarakat yang diarahkan kepada terbentuknya suatu perwatakan tertentu yang bernilai positif untuk kehidupan bermasyarakat. Namun, lanjut dia, tanpa kita sadari, banyak sekali efek positif atau manfaat yang ada setelah melakukan baris berbaris.

“Menjadikan badan lebih sehat, melatih daya konsentrasi, melatih kekompakan dan belajar diam mendengarkan,” jelasnya. Menurut dia, pada kegiatan pengenalan lingkungan sekolah dengan peraturan baris berbaris, juga dapat menumbuhkan pengetahuan tentang kebangsaan untuk menjadi putra dan putri bangsa dalam pembangunan bangsa.

“Sejak dini wawasan kebangsaan dapat dibekali kepada  murid disekolah. Pembekalan yang didapatkan berupa materi tentang sejarah, karakter, serta membantu dalam proses belajar mengajar para siswa,” paparnya.

Dandim pun berharap, pelajar tingkat SMA di Kandangan dapat meningkatkan motivasi dalam belajar serta pengetahuan tentang sejarah. “Di antara pengetahuan sejarah bagaimana cara hidup sesuai berbhineka tunggal ika dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila,” jelasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.