Siap Tanam, Target Panen Di Hari Pangan Sedunia Diyakini Tepat Waktu  

KEPALA Dinas Ketahanan Pangan Kalsel, DR Suparno memastikan lahan rawa lebak yang dipersiapkan untuk Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-38 di Desa Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala sudah siap untuk tanam.

“LAHAN  yang disiapkan untuk HPS sudah hampi selesai digarap. Insya Allah pada Jumat (20/07/2018) nanti sudah mulai dilakukan penanaman,” kata Suparno.

Atas dasar itulah, ia optimis lahan pertanian terpadu di lahan lebak tersebut akan dapat panen tepat waktu sesuai dengan yang sudah direncanakan, yakni pada Oktober 2018 mendatang.

Ia menambahkan, dalam HPS mendatang ada 11 item kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya gelar tehnologi pertanian terpadu yang akan dilaksanakan di Desa Jejangkit Muara.

“Sedangkan 10 item kegiatan lainnya sudah matang dipersiapkan di Kantor Gubernur Kalsel di Banjarbaru, seperti pameran tentang produk  pertanian yang diikuti seluruh Propinsi di  Indonesia, Lomba Cipta Menu, Seminar dan lain- lain. Untuk Pembukaan HPS 2018 secara resmi dilakukan di  Halaman Kantor Gubernur,” paparnya.

Sementara itu, Danrem 101/Antasari Kol Inf Yudianto Putrajaya mengatakan, pekerjaan lahan pertanian untuk HPS jika dikerjakan secara bersama-sama akan selesai.
Saat ini, kata dia, Prajurit  TNI sudah dikerahkan ke lokasi HPS ini.   Bahkan ada beberapa orang operator alat berat yang datang dari Pangdam VI Mulawarman Balikpapan.  “Tentu tidak ada alasan proyek besar seperti  ini tidak terealisasi sampai waktunya,” ucap Putrajaya.

Menurut Danrem, sinergitas TNI dengan Pemprov Kalsel sangat kuat dimana saling bahu membahu dalam menggarap lahan. Bahkan, kata Putrajaya, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dan dirinya secara langsung terus memonitor pekerjaan tersebut hingga malam hari.

“Saya optimis pekerjaan lahan pertanian rawa lebak dimana saat  panen pertama akan dilakulan Presiden Joko Widodo akan sukses.  Tentunya doa dan dukungan masyarakat Kalsel sangat diperlukan. Sebab kita bangga ditunjuk sebagai tuan rumah HPS 2018,” imbuhnya.(jejakrekam)   

 

Penulis Asyikin
Editor Fahriza
Anda mungkin juga berminat
Loading...