Lengkapi 5 Komisioner Bawaslu Kalsel, Azhar Ridhanie-Nur Kholis Majid Terpilih

0

FORMASI lima komisioner yang ada di Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kalimantan Selatan akhirnya lengkap. Ini setelah, Azhar Ridhanie yang akrab disapa Aldo dan Nur Kholis Majid terpilih sebagai anggota Bawaslu Kalsel periode 2018-2023, menambah kekurangan dua komisioner di lembaga pengawas pemilu tersebut.

KEPASTIAN terpilihnya Aldo yang merupakan eks komisioner Bawaslu Kalsel periode 2013-2018, serta Nur Kholis Majid sebelumnya adalah mantan anggota KPU Provinsi Kalsel tertuang dalam surat pengumuman 0505/BAWASLU/SJ/HK.01.00/VII/2018, tertanggal 14 Juli 2018.

Dalam surat yang diteken Sekjen Bawaslu RI, Gunawan Suswantoro, formasi calon anggota Bawaslu di 28 provinsi, termasuk Kalimantan Selatan tercantum nama Azhar Ridhanie dan Nur Kholis Majid.

Sedangkan, dua pesaingnya, Heriwijaya (mantan Ketua Panwaslu Batola) sudah dilantik menjadi anggota KPU Banjarmasin, dan Fasih Wibowo, mantan anggota KPU Banjarbaru tersingkir dari empat nama yang diusulkan Timsel Calon Anggota Bawaslu Kalsel ke Bawaslu RI. Saat ini, Bawaslu Kalsel hanya terdiri tiga komisioner yakni Iwan Setiawan, Aris Mardiono dan Erna Kasypiah.

“Kami ucapkan selamat bergabung kembali ke Bawaslu Kalsel bag calon terpilih. Nanti, usai pelantikan oleh Bawaslu RI, kami akan menggelar rapat dalam pembagian divisi di Bawaslu Kalsel, apakah meniru yang ada di Bawaslu RI,” ucap komisioner Bawaslu Kalsel, Aris Mardiono kepada jejakrekam.com, di Banjarmasin, Sabtu (14/7/2018).

Ia mengakui selama ini, divisi yang ada di Bawaslu Kalsel masih satu belum ada pemisahan divisi yang jelas, ada penindakan, penyelesaian sengketa dan hukum. Nah, menurut Aris, jika mengacu ke Bawaslu RI tentu ada divisi pengawasan dan pencegahan, hukum dan penyelesaian sengketa, penindakan dan sumber daya manusia dan organisasi.

“Di daerah memang agak berbeda dengan Bawaslu RI. Ini karena belum ada aturan yang baku, semua tergantung pada ketentuan yang nanti dibuat Bawaslu RI,” kata mantan wartawan ini.

Mantan Ketua Panwaslu Banjarmasin ini mengatakan kemungkinan posisi Ketua Bawaslu Kalsel tetap dipegang Iwan Setiawan, karena hal itu diputuskan berdasar hasil rapat pleno. “Nanti, dengna bergabungnya dua anggota Bawaslu Kalsel yang baru, akan digelar rapat pleno. Untuk itu, kami ucapkan selamat datang,” pungkas Aris.(jejakrekam)

Penulis Didi GS
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.