Dua Remaja Barito Utara di Gita Bahana Nusantara Istana Merdeka

DUA remaja asal Barito Utara, menjadi wakil Kalimantan Tengah di paduan suara Gita Bahana Nusantara.

MEREKA adalah Arief Ali Rachman di suara tenor, dan Keriyati jenis suara. Mereka berdua akan turut menyanyi di paduan suara Gita Bahana Nusantara pada peringatan HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka.

Kadis Budparpora Barito Utara H Arbaidi mengatakan, untuk menuju lomba tingkat nasional tidak mudah. Mereka harus bersaing dengan beberapa wakil dari kabupaten/kota lainnya di Kalteng.

“Dua orang tembus ke tingkat basional setelah meraih juara di dua kategori. Bahkan, Barito Utara menjadi juara umum,” kata Arbaidi.

Menurutnya, dari 14 kabupaten/kota, dalam Gita Bahana Nusantara, perwakilan Barito Utara termasuk paling disegani. “Alhamdulillah berkat perjuangan dan latihan keras, mereka bisa mempersembahkan yang terbaik dan membawa nama harum Barito Utara,” tegasnya.

Ditambahkannya, Dinas Budparpora juga memberikan kesempatan bagi generasi muda yang memiliki bakat untuk latihan vokal tanpa dipungut biaya yang dilatih oleh pegawai Disbudparpora. Ini merupakan bentuk keseriusan Disbudparpora pada pengembangan kesenian, khususnya olah vokal.

Arbaidi mengungkapkan, untuk memeriahkan HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI, akan digelar Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan. Digelar berbagai lomba, seperti sepak sawut, manyipet, mangaruhi, balogo, bagasing, dayung, besei kambe hakawalan, manetek maneweng manyila kayu, karungut, tari pedalaman dan tari pesisir, lagu daerah, serta fotografi.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Andi Oktaviani
Anda mungkin juga berminat
Loading...