Hingga Senin Sore, Baru Lima Bakal Senator DPD RI Kalsel Daftarkan Diri

HINGGA Senin (9/7/2018) pukul 16.00 Wita, tercatat ada lima bakal calon senator yang menyerahkan berkas pendaftaran dalam perebutan 4 kursi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI perwakilan Kalsel ke KPU Provinsi Kalsel.

MEREKA adalah mantan anggota DPD RI Gusti Farid Hasan Aman, dua calon petahana Habib Abdurrahman Bahasyim dan Habib Hamid Abdullah, mantan Ketua KPU Tanah Bumbu H Samsani serta mantan anggota DPRD Kalsel asal PKS Muhammad Ikhsanuddin.

“Mereka yang mendaftarkan diri sebagai bakal calon anggota DPD RI ini setelah memenuhi syarat dukungan dalam proses verifikasi administrasi dan faktual,” ucap Ketua KPU Provinsi Kalsel Edy Ariansyah kepada wartawan, Senin (9/7/2018).

Iklan Samping 300×250

Namun, mantan Ketua Panwaslu Kabupaten Banjar ini mengingatkan dalam pemenuhan syarat terkait pendaftaran bakal calon nantinya akan kembali dilakukan penelitian oleh tim verifikasi pada 18 Juli 2018. “Hasil penelitian administrasi terkait dengan persyaratan bakal calon akan disampaikan kepada mereka,” kata Edy.

Terkait dengan syarat dukungan dari hasil rekapitulasi beberapa hari lalu,  mantan staf ahli Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu RI ini menjelaskan dari sekian jumlahnya, hanya ada enam bakal calon yang memenuhi syarat. Sisanya, belum memenuhi syarat maupun sebaran dukungan di Kalimantan Selatan.

Masih menurut Edy, pada tahap perbaikan, bakal calon DPD RI memiliki kesempatan melakukan perbaikan atau melengkapi syarat dukungan. “Sebab, pada 24 Juli 2018 akan ada perbaikan persyaratan dukungan dan bakal calon,” ujar magister ilmu pemerintahan Universitas Padjajaran Bandung ini.(jejakrekam)

 

Penulis Arpawi
Editor Didi GS
Anda mungkin juga berminat
Loading...

Hingga Senin Sore, Baru Lima Bakal Senator DPD RI Kalsel Daftarkan Diri