Dispora Kalsel Ingin Pengelolaan Penuh Stadion 17 Mei dan GOR Hasanuddin HM

DINAS Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel berharap bisa mengelola secara penuh aset daerah berupa Stadion 17 Mei dan GOR Hasanuddin HM, termasuk kebijakan administrasi dan penerimaan keuangan dari pihak yang memanfaatkan fasilitas tersebut.

KAMI ingin dapat mengelola secara utuh, termasuk pengelolaan keuangannya, supaya lebih optimal,” ujar Kadispora Kalsel Zakly Aswan.

Selama ini, bebernya, pengawasan dan pengelolaan kedua aset tersebut memang diserahkan ke pihaknya, namun untuk kebijakan menyangkut administrasi atau pendapatan dari hasil pemanfaatan oleh pihak ketiga, langsung ditangani Bidang Aset Setdaprov Kalsel.

Badan Keuangan Daerah (Bakueda) melalui Kepala Kabid Aset Mirhan mengaku kedua fasilitas olahraga itu, secara tugas dan fungsinya sudah diserahkan ke Dispora Kalsel, karena merupakan bagian dari pemerintah daerah. Hanya saja, pengelolaan dan pengawasannya kewenangan Bidang Aset Setdaprov Kalsel.

Iklan Samping 300×250

Untuk GOR Hasanuddin dan Stadion 17 Mei, ungkapnya, sudah melakukan kerjasama pemanfaatan bersama KONI Kalsel sejak 2012 hingga 2022.

Dari kerjasama tersebut, pemerintah daerah mendapat pemasukan pembayaran yang dihitung secara progresif atau kenaikan senilai Rp 5 juta setiap tahun.

Untuk tahun 2017, Stadion 17 Mei membayar Rp 35 juta, dan pada 2016 sebesar Rp 30 juta. Sedang untuk GOR Hasanuddin, jasa per tahunnya lebih besar dibanding Stadion 17 Mei. Namun ia mengaku lupa nilainya.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Andi Oktaviani
Anda mungkin juga berminat
Loading...

Dispora Kalsel Ingin Pengelolaan Penuh Stadion 17 Mei dan GOR Hasanuddin HM